Pada saat saya membuat website ini pada tanggal 1 juni 2007 saya pernah menulis di halaman utama bahwa tgl 28 agustus jam 5 sore saya akan disidang, yup benar sekali ( 1 juni adalah tgl berdirinya situs ini dan tanggal tersebut adalah hari ulang tahun saya, pas banget kan), saya telah melewatinya dengan penuh ketegangan. Saya akan berbagi cerita kepada anda tentang pengalaman tersebut yang seumur hidup tidak akan pernah saya lupakan.

Tgl 28 agustus 2007 pukul 13.00 WIB saya sudah sampai dikampus bersama teman saya izmet,pada hari itu perasaan saya campur aduk ya wajar lah namanya juga pertama kali sidang. untuk mengatasi perasaan campur aduk ini saya saya menunggu bahrulloh yang pada saat itu sedang disidang, saya ingin menanyakan bagaimana situsasi sidang-nya.

Berbatang-batang rokok djarum super saya habiskan untuk menghilangkan gundah dihati saya dan akhirnya si bahrulloh keluar juga dari ruang dengan tampang yang tidak meng-enakkan alias dengan muka yang semraut kaya’ orang ga’ makan 3 hari.

Dia bilang “Gw ga’ tau deh lulus apa engga’?? dosen penguji gw ternyata pembimbing lu…bla..bla..bla” dan tak lama kemudian batang hidungnya sudah tidak kelihatan lagi a.k.a tu anak udah pulang kerumah maksudnya.

Kita tinggalkan masalah si Bahrulloh, Setelah nongkrong bareng sama anak-anak yang datang untuk mensupport + mendoa’kan kawan-kawannya (Manong & Kartono thanks for coming) akhirnya Waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba, giliran saya yang masuk keruangan yang akan menjadi kisah klasik dalam perjalanan hidup saya.

Didalam ruangn tersebut baru ada satu orang penguji yang bernama Bpk Aziz Setyawan H,Amd tak lama kemudian penguji2 yang bernama Bpk Zulnaidi,ST tiba diruangan tersebut.

Dalam acara sidang terdapat 3 sessi yaitu Presentasi, Tanya jawab, dan kalau menurut penguji sessi tanya jawab sudah cukup maka sessi ke-tiga yaitu praktek tidak diperlukan lagi.

Pada sessi pertama saya mempresentasikan tugas akhir saya yang berjudul “Analisa Jaringan Komputer LAN (Local Area Network) pada Hotel XXX” ketika saya sedang mempresentasikan Tugas Akhir, kedua dosen penguji tidak memperdulikan saya mungkin ini dijadikan ajang balas dendam kali ya…karna dulu saya sering ngobrol+tidur ketika desen sedang menerangkan…

Sessi pertama adalah sessi yang menurut saya ga’ penting (maaf ya kalo’ ada yang marah…) Sessi yang paling menegangkan yaitu sessi yang ke-dua, sessi ke-dua adalah sessi yang membuat saya pusing-tujuh keliling karna pada sessi itulah kemampuan kita di uji abis-abisan, bermacam-macam pertanyaan akan datang menghampiri dan harus ada jawabannya walaupun jawabannya hanya “pas..pak” atau “ga’ tau pak”. Tapi allhamdulillah pertanyaan yang dilontarkan kpd saya bisa saya jawab meskipun masih ada yang salah sih…

Saya tadi bilang, kalau sessi tanya jawab sudah cukup memuaskan hati dosen penguji, maka sessi berikutnya yaitu “praktek” tidak diperlukan lagi. Yup…pada saat saya sidang saya tidak sampai pada sessi ke-3, apakah saya berhasil memuaskan hati penguji?? atau jangan – jangan pungujinya sudah muak melihat muka saya yang seperti preman pasar ini?? atau kemungkinan ter’akhir yaitu waktu yang sudah mendekati maghrib??

Mudah-mudahan alasan saya tidak tidak sampai pada sessi ke-tiga yaitu kemampuan saya yang cukup memuaskan dosen penguji…amin

Pesan saya kepada teman-teman yang belum sidang atau yang sebentar lagi mengukuti sidang ikutilah tips berikut ini:

* Rajin-rajinlah berdo’a kepada Tuhan YME dan memohonlah petunjuk darinya
* Minta do’a restu dari orang tua
* Selalu mengikuti bimbingan secara rutin jika tidak bisa hadir harap beri kabar pada dosen pembimbingnya jangan sampai anda ketinggalan berita terbaru dari dosen pembimbing.
* Ikuti petunjuk yang diberikan dosen pembimbing dan jangan pernah membuat dosen pembimbing muak dengan tingkah laku anda
* Siapkan uang jajan extra untuk keperluan foto copy, nge-print dan ongkos bolak-balik nguber dosen pembimbing yang selalu sibuk yang entah berada dimana.

Dari tadi kok ngomongin dosen pembimbing terus sih…Yup saat skripi atau tugas akhir, maka dosen pembimbing itu bisa dibilang seperti artis yang sedang terlibat HOT gosip, Apes banget deh dapet dosen pembimbing kaya’ gini…kalo ketemu cuma ngebahas yang ga’ penting, kalo anda mau tau dosen pembimbing saya seperti apa, ya seperti ini…teman saya sampai pernah bilang “Sialan…ktemuan cuma ngebahas ginian doang…kalo tau kaya gini gw mendingan ga’ usah dateng deh…ngabis-ngabisin ongkos gw aja…”

Inget ya…Tidak semua dosen pembimbing seperti itu, masih ada kok yang baik hati dan menerima keluhan anda.

* Pesan saya yang terakhir jangan lupa BELAJAR 10x dari biasanya dan sesekali kunjungilah perpustakaan dimanapun itu berada.