Iseng, saya membuat pertanyaan di Wall facebook  saya memberikan pertanyaan berapakah hasil dari 2+2+2×0 ? dan saya terheran-heran sedikit sekali yang menjawab dengan benar ada yang menjawab 0, 6 & tak terhingga ataupun Unlimited :)

Dalam mengerjakan suatu operasi Aritmatika yang memiliki lebih dari satu  operator aritmatika entah itu secara manual ataupun dengan menggunakan perangkat lunak maka terdapat aturan-aturan yang harus Anda ketahui, aturan ini diberlakukan agar tidak terjadi kerancuan perhitungan saat proses perhitungan, dan aturan mainnya adalah sebagai berikut :

“Apabila dalam suatu ekspresi matematika terdiri dari beberapa operator aritmatika maka eksekusi terhadap ekspresi tersebut dimulai dari operator yang mempunyai hirarki/tingkatan yang tertinggi kemudian ke operator berikutnya yang mempunyai tingkatan yang lebih rendah.”

Berikut ini urutan/hirarki operator aritmatika dari urutan tertinggi ke urutan terendah :

1. Pemangkatan (^)

2. Perkalian ( x ) dan pembagian ( / )

3. Penjumlahan ( + ) dan Pengurangan ( – )

Pada Wall yang saya tulis, saya memberikan pertanyaan 2+2+2×0 maka proses pengerjaannya adalah…

y = 2+2+2×0

y = 2+2+0

y = 4

Jawaban yang benar adalah 4, nah yang tadi jawab 0, 6 & tak terhingga ataupun Unlimited ya jelas salah…

Untuk membuktikan, coba buka Excel dan ketik =2+2+2×0 dan hasilnya bisa anda buktikan sendiri.

=2+2+2×0

Hasilnya adalah 4

Bagi anda yang belum tau apa itu Skype, Skype adalah Applikasi Voice & Video Calls yang memungkinkan anda untuk berkomunikasi melalui suara ataupun video melalui Internet. Berbeda dengan komunikasi telpon konvensional yang menggunakan pulsa, karna Skype mentransfer suara & video melalui Internet.  Applikasi Skype sendiri bisa anda terapkan di Komputer, Handphone, bahkan Televisi.

Get Skype For
Get Skype For

Pada artikel ini saya akan coba membahas menggunakan Skype pada SmartPhone Android, berikut ini syarat dan ketentuan yang harus anda ikuti.

1. Anda harus menjadi member Skype, jika belum menjadi member, maka anda harus mendaftar pada situs resminya.

Register Skype
Register Skype

2. Setelah mendaftar, anda harus mendownload applikasi Skype untuk smartphone android, di market anda tidak akan mendapatkannya, untuk itu Anda bisa mendownload Applikasi Skype untuk Android disini

3. Setelah anda download, langsung saja anda instal di smartphone android anda, setelah instal selanjutnya anda login sesuai user id yang telah anda daftarkan.

Login Skype On Android
Login Skype On Android
Add Contact Skype On Android
Add Contact Skype On Android

Sebelum mencoba, silahkan anda cek pulsa anda, coba gunakan skype untuk meng-call kawan anda yang juga menggunakan Skype. dan coba cek kembali pulsa anda, harusnya tidak berkurang sedikit pun.

Selamat mencoba.

Referensi :

  • http://en.wikipedia.org/wiki/Skype
  • http://skype.com

Ceritanya begini, Seorang kerabat kerja, sebut saja Ardi, meminta tolong kepada saya  untuk meng-cek handphone sekaligus meminta saya untuk meng-instal game dan applikasi di hanphone barunya, ketika saya tanya, “Handphone nya apa pak? Android?” sambil senyum-senyum ia menjawab dengan santai “bukan android va, tapi iPhone 4″, orang yang selama ini saya lihat biasa-biasa saja baru saja membeli iPhone 4, kaget sekaligus sedikit gak percaya, setelah ia keluarkan iPhone 4 tersebut dari tasnya, alangkah kagetnya saya, ternyata benar.

“lah kok mati pak?” saut saya sambil memegang iPhone 4 tersebut, “iya, lowbat banget, itu kamu bawa pulang dulu aja, nanti kamu instal apa kek, yang penting yang mantep-mantep yak”.

Akhirnya ada orang yang berbaik hati meminjamkan iPhone 4 nya untuk bahan “ngoprek” dirumah,  Colok kabel charger ke iPhone, dan iPhone 4 pun menampilkan proses “Charging”, 10 Menit kemudian saya nyalakan. lah…kok iPhone 4 touchscreen nya ga sensitif?, lah apple store sama iTunes nya kemana nih? yang lebih mengejutkan lagi ketika saya masuk ke menu setting disitu tertulis “Dual SIM Settings” hah??? sejak kapan iPhone bisa dual sim bgini???

Setelah ubek-ubek google, ternyata iPhone 4 tersebut adalah iPhone 4 replika, salah satu situs yang menjual barang tersebut bisa di cek disini (update 25/07/2011 sekarang situs tersebut sudah tidak menjual iPhone Replika lagi :D )

Setelah ubek-ubek google, ternyata iPhone 4 tersebut adalah iPhone 4 replika, salah satu situs yang menjual barang tersebut bisa di cek disini (dulu, sekarang sudah tidak lagi)

Akhirnya saya coba membandingkan antara iPhone 4 yang asli dan yang Replika, berikut ini sekilas review yang coba saya suguhkan kepada Anda.

Perhatikan gambar dibawah ini, manakan iPhone 4 yang asli dan Replika????  pada interface depan memang sulit membedakan mana yang asli dan mana yang replika, saya sendiripun sempat tertipu dibuatnya, saya akan memberi tahu mana yang asli dan mana yang replika pada sessi berikutnya, untuk itu Anda ikuti terus artikel ini sampai tuntas.

iPhone 4 VS iPhone 4 Replika
iPhone 4 VS iPhone 4 Replika

Mari kita lihat pada bagian belakang, kali ini memang benar-benar sulit membedakan karna antara yang asli dan yang replika terlihat, iPhone sebelah kiri tidak menampilkan size internal memori, sedangkan yang kanan menampilkan size internal memori 32 GB, sampai sini sudahkah anda tau mana yang asli dan yang replika?

iPhone 4 Vs iPhone Replika
iPhone 4 Vs iPhone Replika

Pada bagian sisi atas, antara yang Asli dan yang replika terlihat sama persis.

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Pada sisi kiri tempat pengaturan Volume, lagi lagi sulit dibedakan karna antara design & ketebalan yang Asli dan yang Replika terlihat sama persis .

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Pada sisi bawah (lokasi Plug-in Charger) terdapat perbedaan yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Mari kita lihat menu di dalamnya perhatikan gambar dibawah ini, sampai sini apakah anda sudah bisa membedakan?

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Jika pada gambar diatas anda belum bisa membedakan mana yang Asli dan mana yang Replika, perhatikan gambar dibawah ini. Pada menu Setting terlihat iPhone 4 sebelah kanan terdapat menu “Dual SIM Settings” sedangkan yang kiri tidak. nah saya yakin anda sudah bisa membedakan mana yang Asli dan mana yang replika, karna seluruh gambar dari awal artikel sampai akhir, iPhone 4 yang terletak disebelah kanan adalah iPhone 4 Replika.

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Secara fisik, antara iPhone 4 Asli dan replika memang sulit dibedakan, jadi jangan kaget ketika teman ataupun bos anda menggunakan iPhone 4, bisa jadi yang mereka gunakan adalah versi REPLIKA :D

Setelah tau bahwa iPhone 4 ini adalah versi Replika akhirnya saya lapor ke pemiliknya dan saya bilang, iPhone 4 yang bapak punya adalah iPhone 4 Replika dan saya sama sekali tidak bisa ‘ngotak-ngatik’ isi nya, dah selsai urusan.

Berikut ini review yang bisa saya sampaikan ke Anda :

Fiturnya sama gak sih antara yang Asli dengan yang Replika??? Jelas jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh banget bedanya, dari segi sensifitas touchscreen sangat tidak memuaskan, dari segi game dan aplikasi lagi lagi Jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh banget, anda akan sangat kecewa ketika bermain game di iPhone 4 Replika, karna sangat lambat sekali.

saya coba test Wifi & Bluetooth untuk internetan dan transfer data, yaeelahhhh wifi ga konek-konek, bluetooth “Pair failed” melulu, Wifi & Bluetooth hanya sekedar pajangan semata.

Instal applikasi dan gamenya gimana??? sumpah saya belum tau gimana instalnya.

tapi kalau untuk sekedar “gaya-gaya-an” jangan ditanya dah, orang awam pun akan terkagum-kagum ketika anda menggunakan iPhone 4 replika ini. (jangankan orang awam, gw aja sempet ketipu kok :P )

Lisensi artikel GNU/GPL silahkan pajang di blog ataupun situs anda, tapi jangan lupa untuk mencantumkan  nama dan tidak merubah attribut  penulis OK.

PS : Special thanks to Ms.Joan yg udah mau minjemin iPhone 4 untuk bahan artikel ini ke gw.