With iOS 7 or later, Find My iPhone includes a new feature called Activation Lock, which is turned on automatically when you set up Find My iPhone. Activation Lock makes it harder for anyone to use or sell your iPhone, iPad, or iPod touch if it’s ever lost or stolen.

Sejak di release pada pertengahan tahun 2013 fitur Activation Lock membuat mati kutu para pencuri Apple Device (iPhone, iPod, iPad, dll) bagaimana tidak, jika Apple device anda hilang maka si pencuri tidak akan bisa menggunakannya, karna untuk dapat menggunakan perangkat Apple harus melakukan Activation Lock yaitu memasukan Apple ID yang seblumnya digunakan oleh pengguna aslinya.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba melakukan studi kasus dimana iPhone yang saya gunakan akan saya buat seolah-olah hilang (ini hanya studi kasus saja lho ya, mudah”an jangan sampe ilang beneran ;) ).

Berikut keadaan iPhone yang saya gunakan

  1. iOS yang digunakan versi terbaru yaitu 7.1.1
  2. sudah terinstal aplikasi find my iPhone
  3. Location Service On (Fitur GPS)
  4. Passcode juga telah di aktifkan

Konfigurasi dasar diatas adalah iphone yang saya gunakan, dan anggap saja bahwa iPhone saya telah hilang, lalu apa yang pertama  dilakukan?

Jika anda memiliki teman yang juga menggunakan iPhone, maka ini menjadi lebih mudah, pada studi kasus ini saya meminjam iPhone rekan saya, dan saya membuka aplikasi Find My Iphone, jika belum ada maka anda Wajib meng-instalnya terlebih dahulu, lalu login menggunakan Apple ID iphone yang saya gunakan, maka akan tampil lokasi terakhir dimana iPhone saya terakhir terkoneksi internet, dan Terdapat 3 buah fitur yaitu Play Sound, Lost Mode, dan Erase iPhone.

Find My Iphone

 

Fitur Play Sound

Fitur Play Sound ini adalah fitur yang akan meng-aktifkan rintone pada iPhone anda, jika iPhone anda lupa menaruh iphone anda, fitur ini akan sangat membantu, karna fitur ini akan selalu membuat iPhone anda bunyi dan anda bisa mengetahui posisi dimana iphone anda.

Find My Iphone Alert

 

Fitur Lost Mode

Fitur Lost Mode ini yang akan saya bahas, karna pada studi kasus ini saya menganggap iPhone saya hilang, maka saya mengaktifkan fitur Lost Mode ini, aktifkan fitur ini maka  akan ada 2 step yang harus anda lakukan.

Step 1 : anda akan diminta memasukan nomer handphone yang bisa dihubungi, yang nantinya akan tampil di iPhone anda nanti.

Step 2 : Pesan singkat yang akan dibaca oleh orang yang menemukan iPhone Anda.

Lost Mode Step 1

 

Turn On Lost Mode Step 2

Inilah fitur Lost Mode yang akan dilihat oleh siapapun yang menemukan iPhone Anda selama iphone tersebut Aktif dan terkoneksi Internet.

Find My Iphone dilihat oleh Si Penemu
GPS Location saat iPhone Terkoneksi Internet

Pada studi kasus disini saya menganggap bahwa yang menemukan iPhone saya tidak berniat mengembalikan iPhone yang saya gunakan, lalu ia mencoba melakukan Factory Reset, atau di coba dibawa ke Roxy untuk di Reset agar bisa digunakan pribadi

Untuk melakukan factory reset iphone maka cara yang dilakukan adalah masuk ke mode DFU (Device Firmware Upgrade)  DFU Berbeda dengan Restore Mode, karna DFU anda bisa memilih os mau di upgrade ataupun di downgrade, pada gambar dibawah ini saya hanya melakukan restore via Restore Mode

 

iPhone Recovery Mode
iPhone Recovery Mode

Setelah iPhone di restore harusnya sudah bisa digunakan karna iPhone sudah terfactory Reset, Restore disini maksudnya adalah iPhone akan meng-update OS terbaru ke server Apple dan akan meniban OS yang terpasang  pada iPhone, seperti layaknya Hanphone baru harusnya iPhone sudah bisa digunakan, tapi ternyata tidak, setelah iPhone selesai melakukan Restore maka tampil menu Activation iPhone beserta Pesan yang telah saya buat sebelumnya pada fitur Lost Mode.

Activate iPhone
Activation iPhone

Jika Activation iPhone tidak dilakukan, dan sampai sekarang saya juga belum menemukan cara membypass menu Aktivasi ini, yang jelas jika ada seorang Hacker yang mampu membypass Aktivasi ini dan artikelnya di publis ke khalayak ramai maka fitur Lost Mode ini tidak ada gunanya, dan Alhamduillah belum anda sampai detik ini. di youtube pun berdedar cara membypass Aktivation Lock ini dan saya suda mencobanya, hasilnya tetap sama, walaupun bisa di bypass tapi banyak aplikasi yang tidak bisa digunakan.

Saran saya jika anda menemukan iPhone dan sudah terdapat pesan untuk di kembalikan, maka kembalikan saja ke yang punya, anda tentu akan mendapatkan imbalan dan apa yang anda lakukan mendapat berkah tentunya.

 

Terakhir adalah fitur Erase iPhone

Firut Erase Iphone ini akan menghapus SELURUH data-data anda yang terdapat pada iPhone Anda secara Remote, dan jika anda mengaktifkan fitur Erase iPhone maka anda tidak dapat mencari iPhone Anda melalui maps, karna aplikasi Find My iPhone yang berfungsi mencari keberadaan iPhone anda juga ikut terhapus.

Tapi jika iPhone Anda hilang dan sudah tidak ada harapan lagi untuk anda menemukannya, fitur ini adalah pilihan terbaik, dan jika si penemu iPhone anda hendak melakukan Factory Reset, maka tetap iPhone tersebut membutuhkan Apple ID untuk melakukan Aktivasi, jika tidak dilakukan Aktivasi maka iPhone tersebut tidak berguna dan hanya berfungsi sebagai pajangan ;)

 

Mencari iPhone melalui situs www.icloud.com

Bagai mana jika saat iPhone anda hilang anda tidak memiliki kerabat yang menggunakan iPhone sehingga anda tidak bisa menggunakan fitur find my iPhone?

Buka situs www.icloud.com lalu login menggunakan Apple ID Anda lalu pilih fitur Find My Iphone maka anda akan melihat lokasi terakhir iPhone anda aktif, anda juga bisa menggunakan Fitur Play Sound / Lost Mode / ataupun Erase iPhone.

 

FInd My iPhone via iCloud.com

Alif sedang berbincang dengan Bagir mereka berdua sedang dilanda demam batu akik yang saat ini sedang trend dikalangan anak muda. “eh Bagir tau gak lu Kalo pake cincin batu jenis X katanya bisa tambah berwibawa, trus ada juga jenis yang Y katanya bisa mempermudah rejeki”

Tata teman mereka juga yang mencuri dengar perbincangan tersebut langsung memotong pembicaraan dan berkata dengan nada ketus “PERCAYA aja lu sama BATU, Percaya tu sama Allah yang ngasih rejeki bukan sama BATU!!!!”

Dengan tutur kata yang lembut Bagir menjelaskan,

“Saudara ku Tata, apa yang Anda sampaikan betul sekali bahwa sejatinya yang memberikan rejeki itu Allah semata, dan apa yang di katakan saudara Alif juga benar bahwa cincin batu akik bisa membawa manfaat bagi pemakainya dan semua manfaat yang didapat atas ijin Allah tentunya”

“Ya gak mungkin lah batu bawa manfaat, wibawa lah rejeki lah gw mah ga percaya model bgituan musyrik itu, lagian elu masih muda kaya aki-aki aja pake batu akik” sahut Tata

Bagir lagi lagi selalu tersenyum mendengar jawaban Tata, dan kali ini senyumannya bak KH. Aagym dan ia berkata
“Hhmmm bgitu ya, tau kah saudara, bahwa saya dan Alif mengenakan cincin batu akik itu karna idola saudara mengenakannya juga lho”

“Idola gw? Ariel Noah maksud lu? Stau gw doi gak pake cincin batu akik dah, sok tau banget idola gw lu” sahut Tata dengan nada tegas.

Bagir sedikit tertawa sampai terlihat gigi geraham nya seraya menjelaskan bahwa

“idola yang saya maksud bukan Ariel Noah saudara ku, yang saya maksud adalah idola kaum muslimin yaitu Rasulullah SAW, banyak sekali Sunah Rasulullah SAW yang blm bisa saya kerjakan, dan minimal ada satu yang saya amalkan yaitu mengenakan cincin perak bertahtakan batu akik”

Tata diam dan cemberut hatinya gundah bahwa ia baru tau kalau mengenakan cincin adalah sunah nabinya.

“Allahu akbar Allahu akbar…” Suara adzan sholat jumat telah berkumandang

Tata berucap “udah adzan jumatan nih, sampe sini dulu ngobrolnya nanti kita lanjutin lagi, assalamualaikum”

Berangkatlah Tata bergegas ke masjid untuk sholat jumat, ketika ia berwudhu di sebelahnya ada anak muda, terlihat anak muda yang sedang berwudhu mengenakan cincin batu akik, dalam hati ia berucap “yah ini lagi bocah masih muda, ikut”an pake batu akik”

Lalu setelah ia masuk ke masjid sholat sunah 2 rakaat dan duduk untuk mendengarkan khotib dilihatnya sebelah kiri dan kanannya jemaah yang juga mengenakan batu akik, berucap lagi ia dalam hati

“baru sadar gw, muslimin yang pake cincin batu akik banyak juga ya”

Dan pada jumat tersebut sang khotib menjelaskan tentang manfaat sunah” Rasulullah SAW yang diabaikan kaum muslimin, sang khotib tidak membahas tentang cincin batu akik, tapi dilihatnya oleh si Tata bahwa sang khotib mengenakan cincin batu akik, dan alhamdulillah cahaya hidayah untuk menyukai sunah Rasulullah SAW mulai timbul dihatinya. Ia bergumam dalah hati

“Ya allah apa benar mengenakan cincin perak bartahtakan batu itu sunah nabi ku, dan apakah memang ada manfaatnya, tunjukanlah aku ke jalan yang lurus Ya Rabb…

Setelah sholat jumat Tata mencari tau kebenaran tentang sunnah mengenakan cincin batu akik dengan googling melakui Smartphone yang ia punya, bertemulah ia dengan hadits shahih yang berbunyi

“Cincin Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terbuat dari perak, dan mata cincinnya berasal dari Habasyah (ethiopia).” (HR. Muslim 2094, Turmudzi 1739, dan yang lainnya).

“Wah bener apa yang di bilang sama Bagir, ternyata beneran ada hadits nya”

Saat selesai sholat jumat ia keliling masjid karna banyak pedagang yang berjualan di sekitar masjid, dan ia jumpa dengan penjual cincin batu akik,

Dalam hati ia berdoa “Ya Rab, tadi sebelom sholat jumat bahas cincin batu akik, pas jumatan juga ketemu banyak muslimin pake cincin batu akik, dan kini setelah jumatan diketemukan hamba mu ini dengan penjual batu akik, dan aku baru tau kalau mengenakan cincin batu akik itu termasuk dalam bagian sunah Nabi Mu, ya Rabb ampunilah kesombongan hamba mu ini ya Rabb, dan tunjukanlah aku ke jalan yang lurus yang engkau Ridhoi, Amin”

dihampirinya penjual tersebut, terlihat berbagai cincin batu akik yang dijual, tapi ada satu cincin batu akik yang membuat mata Tata selalu tertuju padanya, yaitu cincin batu akik jenis bacan
“Berapa harga cincin batu akik ini pak?”

“Ohh itu mah murah de, cuma 100rb” sahut pedagang.

Dilihatlah cincin itu oleh tata, “Bismillahirohmannirohim” dicobalah cincin itu di jari manis kanan, dan ternyata pas, “Ya Allah, cincin ini ukurannya pas sekali ditangan hamba, atas izin mu maka aku mengenakan cincin ini semata-mata hanya mengikuti Sunah Nabi Mu, tak ada yang lain” ucap tata dalam hatinya, seraya mengambil uang di dompet, “saya beli yang cincin ini pak, ini uangnya”

- Bersambung -