Studi kasusnya seperti ini, saya punya server untuk  kebutuhan monitoring dan telah di instal Linux  dengan distro debian,  terhubung menggunakan IP Public, Jika saya tidak berada di ruang server, tentu server tersebut harus bisa saya remote, nah pada artikel  ini saya akan coba menjelaskan apa yang sudah saya lakukan.

1. Instal XRDP menggunakan perintah berikut

$ sudo apt-get install xrdp

jika anda menggunakan distro lain, silahkan baca dokumentasinya pada link berikut : http://www.xrdp.org/index.php?
option=com_content&view=category&id=2&Itemid=7


2.
Jalankan aplikasi XRDP yang telah diinstal

$ sudo /etc/init.d/xrdp start

3. Supaya aplikasi XRDP berjalan otomatis setelah server restart maka harus di set pada start-up nya, berikut perintahnya

update-rc.d xrdp.sh defaults

untuk disable start up nya gunakan perintah berikut  :

update-rc.d xrdp.sh remove

4. Untuk meremote server debian, saya menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Windows yaitu “Remote Desktop Connection”  cukup masukan IP Public yang akan di remote.

 

Halaman login setelah anda Menekan Tombol Connect, silahkan masukkan username dan password account linux anda.

Tampilan Desktop Linux setelah anda berhasil Login.

Satu hal yang menarik, XRDP ini support untuk di remote via smartphone, jadi ketika saya sedang tidak di depan komputer, saya cukup mengakses lewat iphone yang saya gunakan menggunakan aplikasi Remote Desktop – Unversal App aplikasi ini gratis kok, silahkan cek di App Store Anda.

Untuk Android maaf saya belum tau menggunakan aplikasi apa untuk meremotenya, mungkin rekan-rekan ada yang mau ikutan share.

Berikut Screenshoot ketika saya meremote menggunakan iPhone, pada gambar dibawah ini setelah saya membuka aplikasi Remote Desktop – Universal App cukup konfigurasi dengan memasukkan IP Public Server yang akan di remote

Semoga bermanfaat :D

 

Referensi :

  • http://www.xrdp.org