Ceritanya begini, Seorang kerabat kerja, sebut saja Ardi, meminta tolong kepada saya  untuk meng-cek handphone sekaligus meminta saya untuk meng-instal game dan applikasi di hanphone barunya, ketika saya tanya, “Handphone nya apa pak? Android?” sambil senyum-senyum ia menjawab dengan santai “bukan android va, tapi iPhone 4″, orang yang selama ini saya lihat biasa-biasa saja baru saja membeli iPhone 4, kaget sekaligus sedikit gak percaya, setelah ia keluarkan iPhone 4 tersebut dari tasnya, alangkah kagetnya saya, ternyata benar.

“lah kok mati pak?” saut saya sambil memegang iPhone 4 tersebut, “iya, lowbat banget, itu kamu bawa pulang dulu aja, nanti kamu instal apa kek, yang penting yang mantep-mantep yak”.

Akhirnya ada orang yang berbaik hati meminjamkan iPhone 4 nya untuk bahan “ngoprek” dirumah,  Colok kabel charger ke iPhone, dan iPhone 4 pun menampilkan proses “Charging”, 10 Menit kemudian saya nyalakan. lah…kok iPhone 4 touchscreen nya ga sensitif?, lah apple store sama iTunes nya kemana nih? yang lebih mengejutkan lagi ketika saya masuk ke menu setting disitu tertulis “Dual SIM Settings” hah??? sejak kapan iPhone bisa dual sim bgini???

Setelah ubek-ubek google, ternyata iPhone 4 tersebut adalah iPhone 4 replika, salah satu situs yang menjual barang tersebut bisa di cek disini (update 25/07/2011 sekarang situs tersebut sudah tidak menjual iPhone Replika lagi :D )

Setelah ubek-ubek google, ternyata iPhone 4 tersebut adalah iPhone 4 replika, salah satu situs yang menjual barang tersebut bisa di cek disini (dulu, sekarang sudah tidak lagi)

Akhirnya saya coba membandingkan antara iPhone 4 yang asli dan yang Replika, berikut ini sekilas review yang coba saya suguhkan kepada Anda.

Perhatikan gambar dibawah ini, manakan iPhone 4 yang asli dan Replika????  pada interface depan memang sulit membedakan mana yang asli dan mana yang replika, saya sendiripun sempat tertipu dibuatnya, saya akan memberi tahu mana yang asli dan mana yang replika pada sessi berikutnya, untuk itu Anda ikuti terus artikel ini sampai tuntas.

iPhone 4 VS iPhone 4 Replika
iPhone 4 VS iPhone 4 Replika

Mari kita lihat pada bagian belakang, kali ini memang benar-benar sulit membedakan karna antara yang asli dan yang replika terlihat, iPhone sebelah kiri tidak menampilkan size internal memori, sedangkan yang kanan menampilkan size internal memori 32 GB, sampai sini sudahkah anda tau mana yang asli dan yang replika?

iPhone 4 Vs iPhone Replika
iPhone 4 Vs iPhone Replika

Pada bagian sisi atas, antara yang Asli dan yang replika terlihat sama persis.

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Pada sisi kiri tempat pengaturan Volume, lagi lagi sulit dibedakan karna antara design & ketebalan yang Asli dan yang Replika terlihat sama persis .

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Pada sisi bawah (lokasi Plug-in Charger) terdapat perbedaan yang bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Mari kita lihat menu di dalamnya perhatikan gambar dibawah ini, sampai sini apakah anda sudah bisa membedakan?

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Jika pada gambar diatas anda belum bisa membedakan mana yang Asli dan mana yang Replika, perhatikan gambar dibawah ini. Pada menu Setting terlihat iPhone 4 sebelah kanan terdapat menu “Dual SIM Settings” sedangkan yang kiri tidak. nah saya yakin anda sudah bisa membedakan mana yang Asli dan mana yang replika, karna seluruh gambar dari awal artikel sampai akhir, iPhone 4 yang terletak disebelah kanan adalah iPhone 4 Replika.

iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika
iPhone 4 Vs iPhone 4 Replika

Secara fisik, antara iPhone 4 Asli dan replika memang sulit dibedakan, jadi jangan kaget ketika teman ataupun bos anda menggunakan iPhone 4, bisa jadi yang mereka gunakan adalah versi REPLIKA :D

Setelah tau bahwa iPhone 4 ini adalah versi Replika akhirnya saya lapor ke pemiliknya dan saya bilang, iPhone 4 yang bapak punya adalah iPhone 4 Replika dan saya sama sekali tidak bisa ‘ngotak-ngatik’ isi nya, dah selsai urusan.

Berikut ini review yang bisa saya sampaikan ke Anda :

Fiturnya sama gak sih antara yang Asli dengan yang Replika??? Jelas jauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuh banget bedanya, dari segi sensifitas touchscreen sangat tidak memuaskan, dari segi game dan aplikasi lagi lagi Jauhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh banget, anda akan sangat kecewa ketika bermain game di iPhone 4 Replika, karna sangat lambat sekali.

saya coba test Wifi & Bluetooth untuk internetan dan transfer data, yaeelahhhh wifi ga konek-konek, bluetooth “Pair failed” melulu, Wifi & Bluetooth hanya sekedar pajangan semata.

Instal applikasi dan gamenya gimana??? sumpah saya belum tau gimana instalnya.

tapi kalau untuk sekedar “gaya-gaya-an” jangan ditanya dah, orang awam pun akan terkagum-kagum ketika anda menggunakan iPhone 4 replika ini. (jangankan orang awam, gw aja sempet ketipu kok :P )

Lisensi artikel GNU/GPL silahkan pajang di blog ataupun situs anda, tapi jangan lupa untuk mencantumkan  nama dan tidak merubah attribut  penulis OK.

PS : Special thanks to Ms.Joan yg udah mau minjemin iPhone 4 untuk bahan artikel ini ke gw.

Tulisan Terkait:

  1. Studi Kasus : perhitungan dasar yang membuat anda pun pusing 7 keliling….!!!!

42 thoughts on “Bahkan iPhone 4 Pun Ada yang Palsu…!!!

  1. punya saya sama persis dengan yg sebelah kanan, baru beli dari hongkong, tapi saya masih belum yakin ini asli, karena harganya jauh bgt. apa lagi yang bisa membedakan selain yg ada diatas.

    Reply
  2. @sukma -> cara bedainnya simple kok, coba kamu cari Apple Store & iTunes di iPhone kamu, kalo gak ada sudah di pastikan itu replika.

    Apple Store (Untuk mendownload & instal Applikasi) & iTunes (default applikasi untuk memutar lagu) adalah Applikasi yang sudah pasti ada saat kamu membeli iPhone.

    Reply
  3. maaf baru nimbrung.. hehe.. sepakat bos, kalo buat gaya2an memang guaya banget..

    ini memang targetnya buat yang pengen gaya2an.. dan di awal mereka juga sudah tau kalo ini barang replika, alias tiruan dan tidak asli..

    pembahasan yang bagus, semoga temen-temen terbantu.. HATI-HATI kalo mau beli iphone asli.. belinya ke counter resmi apple ato ke gerai provider (telkomsel misalnya)..

    tapi kalo tetep mau yang replikanya buat gaya2an.. monggo mampir ke GrosirHpMurah.com hehe..

    Salam.. :)

    Reply
  4. Wah sampe-sampe yang jualan mampir ke blog gw hehehe, sukses terus dagangannya Gan. nanti kl ada pasien yg sekedar mau gaya2an doang pasti gw rekomendasiin ke situs lu kok.

    Reply
  5. hahahaha.. oke2 siap.. terima kasih banyak.. :D

    tapi boleh minta tolong ndak?? tolong editin kata2nya yang ini :

    “Setelah ubek-ubek google, ternyata iPhone 4 tersebut adalah iPhone 4 replika, salah satu situs yang menjual barang tersebut bisa di cek disini”

    ganti dengan :

    “Setelah ubek-ubek google, ternyata iPhone 4 tersebut adalah iPhone 4 replika, salah satu situs yang menjual barang tersebut bisa di cek disini (dulu, sekarang sudah tidak lagi)”

    soalnya Grosir HP Murah dot com sekarang hanya jual handphone asli dan resmi.. hehe.. oke.. terima kasih banyak.. :)

    Reply
  6. nih cara yang paling gampang ngebedainnya,

    LIHAT AJA DI TEMPAT SINYAL KALO ADA 2 YANG KAYA DI HP DUAL SIM BERARTI PALSU, KALO CUMA 1 BERARTI ASLI.

    Reply
  7. gan mau tanya saya baru beli iphone 4s satu kartu 64 gb …. imeinya 01 303
    fitur lain sama kayak asli tapi tutup belakangnya ada tulisan Iphone 4S 64 GB INI ASLI APA REPLIKA

    Reply
  8. gan saya juga sama seperti agan doni iphone saya 4s 64gb tapi imei nya bukan angka 01 saya bingung ini ali apa bukan soalnya ga pernah megang sama sekali mohon pencerahan nya

    Reply
  9. Cara mudah untuk mengetahui iPhone yang anda miliki asli atau replika adalah.

    Aplikasi iTunes & Safari pada iPhone harus sudah ter-install di iPhone anda, dan untuk syncronasi file hanya menggunakan iTunes.

    Reply
  10. @Catastropher -> semua handphone bagus bro asal digunakan sesuai kebutuhan, percuma kalo punya Smartphone iPhone 3/4/5 tapi cuma untuk telpon dan sms ;)

    Reply
  11. @pian toca -> iPhone asli dan iPhone palsu tidak bisa dibedakan dari fisik bro karna fisik 99% mirip antara yang asli dan yang palsu.

    cara paling mudah untuk mengecek keaslian iPhone 4S yang kamu punya yaitu, apakah di dalam iPhone 4S ada aplikasi iTunes dan Apple Store??? jika ada sudah dapat dipastikan 100% asli.

    Reply
      • nah punya gan masalahnya sama kaya saya ni gan klo saya iphonenya 4s 32 G… saya udah chek sana sini belum yakin klo itu palsu.. setelah saya cheak sekitar 8 jam… hp ini sunggu heboh mirip banget kaya aslinya.. firu apple store ada namun ko gk ada itunes nya.. kamera mirip china… bodi disain mirip aasli…. di chek situs resmi juga ke baca asli… ke aplikasi itunes juga hpnya ke deteksi.. namun kelemahan rata2 iphone palsu ada di kamera .. klo dia gk jelas berarti palsu.. terus coba cheak sertifikat yang ada di dalam iphone klo asli bisa naik turus ( scrollnya jalan.) klo palsu serupa asli tampilah cuma menyerupai gambar scrol tidak aktif.. tq gan ini takdir.. jadi harus bersabar yah… klo dah terjadi mau di kata apa.. tq gan semua

        Reply
      • q px iphone 4s 32gb, appstore n itunes ad pi hsil kmerax gak bgus n besar tmpt cardsimx pke ukurn simcard biasa, gak pke micro simcard/kecil, apkh iphone q asli,supercopy atau replika.?

        Reply
  12. satu lagi gan klo usb di pasang di PC liat kapasitanya brapa.. klo di dalamnya tampilannya 32G … terus pas di PC hanya beberapa MB saja.. itu sudah pasti palsu ..

    Reply
  13. “…karna seluruh gambar dari awal artikel sampai akhir, iPhone 4 yang terletak disebelah kiri adalah iPhone 4 Replika.”

    Sebelah kiri atau kanan gan?

    Reply
    • Terry’s IQ has definitely gone down hill. I just hope he will soon wake up and treurase his kind wife and daughter. Very often, woman only be “stupid” to their beloved bf/husband. Or perhaps even pretending to be “Stupid”, only because man likes to feel superior…

      Reply
  14. saya punya iphone 4s 64 gb tapi setiap mau di isi lagu gak bisa karena memory nya penuh alias gak muat dan disana hanya tercantum 4mb saja padahal di a bout nya di cantum kan 64 gb……ini palsu apa asli palsu nya?…makasih

    Reply
    • 4MB??? itu mungkin iPhone 4S super KW gan, btw itu isi lagunya lewat mana? lewat iTunes atau copy paste di explorer?

      Reply
  15. Hi. I stumbled upon ones website using bing. That is the really perfectly authored post. I am going to make sure to take note of the idea in addition to get back to understand added of this helpful information. Basically posting. We’ll unquestionably come back.

    Reply
  16. Nasib apes juga buat saya agan2. pernah dpet super kw memory tertera 32 gb. check imei asli. check garansi asli. buka itunes ee yang nongol kok profil. n pas mao download file besar memory full mulu. n sy coba isi lagu lewat pc yg nongol merk cinaa. liat propertie cm nongol 20 mb. pengalaman yg sangat sulit dilupakan. n kmren ktmu lagi sama yg super copy lagi. kok tumben sy dngr iphone punya memory internal 2 mb. cuma share pengalaman aja. mdhn bisa membantu.

    Reply
  17. dan apple replika ini mampir juga ke tangan gue, gegara ada anak tongkrongan depan rumah butuh uang buat mabok gu tergiur buat bayarin yang katanya 4s 64 GB hilang deh 500 ribu gue…ga ada itunes apa lagi app store…bener di hp tertulis 64 GB pas di pc cuma 172 MB…nasib dah

    Reply
  18. brow bisa tolongin aku ga…aku orang yg ke sekian x nya yg ketipu brow..di kembalikan juga orang nya uda kabur ke neraka…haha ..yg jelas tolong gmana cara nya iphon palsu aku bisa conek internet …dan bisa instal media sosial ….gmana tu cara nya gan … please kash petunjuk…

    Reply
  19. permisi bantuin saya dong,saya pk iphone 4,saya cuma mau minta tolong kali aja tau nie temen2,iphone saya ini tiba2 touch screennya missed, misal saya tekan home,eh buka musik,jadi acak gitu..kalo pas di charge,pdhal sbelumnya sering pas charging sambil saya pake. entah bwt nggame atau buka akun sosial..tolong dibantu yaa..makasii

    Reply
  20. Sama bangettt, aku beli diorang yang katanya butuh banget dan nunjukin itu Memorynya 64GB dengan harga 1,6 siapa ngak klepek2, karena dia butuh duit makanya aku langsung kasih, ternyata aku service di konter ternyata dia bilang ini replika, Kecewa banget deh gw, ya udah deh buat pengalaman aja, jadi kayak kapok beli iphone 4S, isi dalamnya cuma 70 Mb, ya ampunn, jadi ilfil .. hehe

    Reply
  21. gan,ane nli iphone 4s 32 dari batam,,
    kalo d cek sih semua asli,
    cuma cover belakangnya itu lo kok logo apple nya g sempurna,
    trus d pake briwsung cepet panas,
    kira-kira ini temasuk Asli atau Replika ya?
    mohon tanggapan nya gan,

    Reply

Leave a reply

required

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>