Saat engkau mati, janganlah kau bersedih. Jangan pedulikan jasadmu yg sudah mulai layu, karena kaum muslimin akan mengurus jasadmu. Mereka akan melucuti pakaianmu, memandikanmu & mengkafanimu lalu membawamu ke tempatmu yg baru, kuburan.
Akan ada banyak orang yg mengantarkan jenazahmu bahkan mereka akan meninggalkan pekerjaanya hanya untuk ikut menguburkanmu. Barang barangmu akan dikemas,  kunci kuncimu, kitab, koper, sepatu & pakaianmu. Jika keluargamu setuju barang-barang itu akan disedekahkan agar bermanfaat untukmu.

Yakinlah dunia dan alam semesta tak akan bersedih dgn kepergianmu. Ekonomi akan tetap berlangsung! Posisi pekerjaanmu akan diisi orang lain. Hartamu menjadi harta halal bagi ahli warismu. Sedangkan kamu yg akan dihisab & diperhitungkan dari hartamu!
Kesedihan atasmu ada 3 sesuai Sabda Rasulullah SAW
“apabila mati seseorang anak adam itu, maka akan terhenti segala amalanya kecuali 3 perkara iaitu sedakah jariah, ilmu yang memberi guna, doa anak – anak yang soleh”
Orang yg mengenalmu sekilas akan mengatakan, kasihan. Kawan2mu akan bersedih beberapa jam atau beberapa hari lalu mereka kembali seperti sediakala & tertawa tawa!

Di rumah ada kesedihan yg mendalam! Keluargamu akan bersedih seminggu dua minggu, sebulan dua bulan & mungkin hingga setahun. Selanjutnya mereka meletakkanmu dalam arsip kenangan.
Demikianlah “Kisahmu telah berakhir di tengah tengah manusia”. Dan kisahmu yg sesungguhnya baru dimulai, Akhirat!!!
‎
Telah musnah kemuliaan, harta, kesehatan & anak. Telah engkau tinggalkan rumah, istana & istri tercinta. Kini hidup yg sesungguhnya telah dimulai.

Pertanyaannya adalah:

Apa persiapanmu untuk kuburmu dan Akhiratmu??
Hakikat ini memerlukan perenungan.

Usahakan dengan sungguh-sungguh

Menjalankan kewajiban kewajiban,
hal-hal yg disunnahkan,
sedekah rahasia,
merahasiakan amal shalih,
shalat malam,

Semoga saja engkau selamat.

Andai engkau mengingatkan manusia dengan tulisan ini insyaAllah pengaruhnya akan engkau temui dalam timbangan kebaikanmu pada hari Kiamat. “Berilah peringatan, karena peringatan itu bermanfaat bagi orang orang mukmin”

—-

Saat mental saya sedang down, entah itu karena masalah pekerjaan, keluarga, harta, apapun itu yang berhubungan dengan “Keduniaan” maka setelah membaca ini, semangat saya kembali lagi. ;)

Mirah Rose
Mirah Rose / Mirah Siam

Suatu kejadian yang sangat unik mewarnai perjalanan hidup saya, dimana cerita ini berawal dari kegemaran saya akan cincin bermata (batu mulia/gemstone)

alkisah ketika saya selesai sholat dhuha sy berdoa salah satu potongan arti doa sholat dhuha adalah “ya Allah, jika rizki ku masih di atas langit maka turunkanlah jika masih di dalam bumi maka keluarkanlah, jika masih jauh maka dekatkanlah…dst”

siangnya saya mendapat pesan via whatsapp dari seorang yg bisa dibilang sepuh dari kaum muda mudi, beliau adalah atasan saya ketika saya magang di hotel cipta 2, kami biasa memanggil beliau dengan sebutan Babeh Husein, babeh mengirimkan sebuah foto cincin berbatu merah muda dan beliau menuliskan “Ketemu dalam laci gw dri, Ga tau siapa yg taruh” selama kerja bertahun-tahun tak pernah ada cincin batu tersebut, pas  buka laci meja  kantor cincin tersebut tau” muncul, subhanallah, dan beliau langsung ingat kalau saya baru mulai tertarik dengan cincin bermata, karna beliau tidak tertarik menggunakan cincin bermata, diberikanlah cincin itu kepada saya, dititipkan kepada senior saya dalam dunia IT (lebih tepatnya guru IT saya) Budi namanya

saat batu tersebut dititipkan ke budi, banyak rekan kerjanya yang mau memaharkan/membeli cincin batu tersebut dengan harga yg lumayan wah, dan saudara budi bilang “ini cincin kagak di jual, ini amanat dari babeh hussein, buat si andri”

pada malam harinya, saya kerumah budi, untuk mengambil cincin tersebut, setelah saya lihat sungguh indah sekali corak warnanya hanya saja ukuran cincinnya terlalu besar utk jari saya yg kecil ini ;) , ketika sy tanya jenis batu apa, ternyata babeh husein dan budi pun tidak tau jenis batu apa yg bertengger di cincin ini.

cincin sudah ada di tangan saya, namun saya harus mengganti ukuran cincinnya yg terlalu besar, setelah terkumpul uang yg cukup untuk mengganti rumah batunya dengan jenis perak, saya mengajak sahabat saya, jeffry namanya, kebetulan sahabat saya ini juga tertarik dengan batu mulia / gemstone, kami googling untuk mencari jasa memasang ikatan perak pada batu mulia yang tidak jauh dari lokasi kami tinggal, dan kami mendapatkan sebuah toko “Syaagha Jewelry” yg berlokasi di daerah ciputat, yg punya tokonya pun juga biasa di panggil “babeh” ;)

saat itu bulan puasa, saya dan jeffry sore hari berangkat menuju “Syaagha Jewelry” sekalian ngabuburit tentunya, baru seperempat jalan, ehh saya berpapasan dengan sahabat yg sudah lama tak jumpa, Dimas, yang saat ini sedang meniti karir di dunia hiburan stand up comedy,  kami berbincang sejenak menanyakan kabar masing” dan saya melanjutkan petualangam ngabuburit bersama jeffry, sepanjang perjalanan saya melewati banyak sekali penjual “capucino cincau” dalam hati saya berkata “banyak amat yg jual capucino cincau, jadi pengen nyoba” dan sampailah saya ke toko “Syaagha Jewelry” urusan capucino cincaw jadi lupa, saya bincang” dengan babeh si pemilik toko, “beh sy punya batu akik, bisa di iketin pake perak? “, “bisa, mana batunya” saya berikan batunya, baru sebentar batu itu di pegang babeh dia berkata “batunya bagus nih” seraya menyematkan batu di tangannya, saya msh belum tau apa jenis batu itu dan saya tanyakan kepadanya, beliau menjawab “ini jenis batu mirah rose, kl kata orang jawa biasanya disebut mirah siam, ini rumah cincinnya mau model kaya gimana?” sembari melirik-lirik gemstone yg ada di etalase saya menjawab “modelnya terserah beh, pokoknya yang pas buat di pake sama anak muda dan pas sama batunya” “ok” sahutnya, lalu giliran sahabat saya jeffry bertanya “beh, ini batu saya bisa di kecilin ga? bentuknya ga simetris” “wah ga bisa de, batu kalimaya itu lembek, gampang pecah, coba di gosok aja”

urusan kami dengan “Syaagha Jewelry” selesai, kami bergegas pulang dan mampir ke “Knucklehead Store” salah satu distro clothing favorite yg menjadi langganan saya,  kami mampir untuk numpang berbuka puasa, duduk sejenak lalu adzan magrib berkumandang saatnya kami berbuka puasa, ternyata salah satu staff  “Knucklehead Store” menyediakan menu buka puasa capucino cincau, wow saya sempat kaget, karna saya merasa apa yg terlintas di hati saya ketika di perjalanan di kabulkan oleh Allah SWT, Alhamdulillah.

3 hari berikutnya saya dikabarkan babeh si pemilik “Syaagha Jewelry” kalau pesanan saya sudah jadi, hehe saya senang karna bentuk cincinya bagus.

bulan ke bulan waktu terus berjalan mengiringi perjalanan saya bersama cincin bermata mirah rose, banyak sekali Berkah yang saya dapatkan semenjak saya mengenakan cincin batu tersebut  (Berkah dari Yang Maha Agung tentunya) dan saya tidak bisa menceritakannya disini.

sampailah saya pada tahun baru hijriyah (1 muharram), belum lama saya membuat artikel “Fakta Menarik Seputar Kalender Hijriyah”, saat mengumpulkan materi artikel saya menemukan sebuah situs yang bisa mengkonversi kalender hijriyah ke kalender masehi (http://rukyatulhilal.org/konversi/ ) , saya iseng mengkonversi tanggal lahir saya, dan setelah di konversi ternyata tanggal lahir saya adalah 23 Ramadhan dan bulan ramadhan adalah bulan yang ke-9 di kalender hijriyah, saya baru tau tgl lahir saya bulan 23 ramadhan ya baru-baru ini, lalu apa hubungannya dengan cincin yang saya kenakan???

2 hari yang lalu, ketika saya memandangi bentuk cincin yang saya pakai, saya coba untuk mengitung jumlah pernak pernik yg menghiasinya, inilah yang membuat saya terheran-heran, jumlah mata yang melingkari batu mirah rose yaitu 23 mata, jumlah mata hiasan kiri dan kanan masing” ada 4, total kiri dan kanan adalah 8 ditambah dengan batu mirah rosenya jadi 9, dan saya memesan cincin ini tanpa pesanan spesifik “modelnya terserah beh, pokoknya yang pas buat di pake sama anak muda dan pas sama batunya”

23 mata pada lingkaran dan 9 mata membentuk horizontal, dan tanggal lahir saya pada kalender hijriyah adalah 23 bulan 9 atau 23 ramadhan, kata Ramadhan berakar dari kata ar-ramdha yang menunjukkan suasana cuaca
yang panas, warna batunya pun juga berwarna merah tua (merah juga bisa melambangkan panas), dan proses pembuatan ikatan batu ini juga bulan ramadhan, apakah ini hanya sekedar kebetulan semata? Wallahu a’lam

saya sering ditanya perihal alasan menggunakan cincin batu / gemstone dan alasan UTAMA saya menggunakan cincin adalah karna sunnah Rasul SAW, ya benar, karna sunnah Rasul SAW, banyak sekali sunnah Rasul SAW yang belum mampu saya kerjakan, tapi setidaknya ada satu yang saya amalkan, dan mudah”an saya bisa menyusul mengamalkan sunnah” yang lain, berpuluh puluh hadits shahih dalam shahih Bukhari, Muslim, Tirmidzi dll menjelaskan perihal cincin Rasul SAW , sebagaimana diriwayatkan

“Cincin Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terbuat dari perak, dan mata cincinnya berasal dari Habasyah (ethiopia).” (HR. Muslim 2094, Turmudzi 1739, dan yang lainnya).

Sumpah, ini gw baru tau semalem kalo tanggal merah besok itu taun baru Hijriyah, #tepokJidat

Sebagai permintaan maaf, saya telah membuat artikel mengenai fakta-fakta menarik seputar kalender yang digunakan indonesia khususnya kalender Hijriyah yang telah saya rangkum dari berbagai literatur online.
======

01. Indonesia mengenal 2 jenis kalender yang digunakan sehari-hari yaitu Masehi dan Hijriyah, tapi bagi sebagian orang masih ada tambahan 2 jenis kalender selain Hijriyah dan Masehi yaitu kalender jawa (digunakan oleh masyarakat jawa) dan kalender imlek (digunakan oleh masyarakat Tionghoa).

02. Kalender Masehi penetapannya didasarkan pada peredaran matahari (Syamsiyah) sedangkan Kalender Hijriyah berdasarkan peredaran bulan (Komariyah), bingung??? ya saya juga lumayan bingung, karna pada bagian ini penjelasannya lumayan panjang sampai-sampai untuk menetapkan tanggal 1 ramadhan pun perlu diadakan sidang isbat karna memang dibutuhkan ketelitian agar tidak salah menetapkan tanggal, tapi ringkasnya seperti ini, pergantian Hari pada kalender Masehi yaitu setelah jam 24:00 , nah untuk kalender Hijriyah yaitu sesaat setelah matahari tenggelam, makanya sidang isbat itu diadakan sekitar magrib.

03. Jika Kalender Masehi dan Hijriyah berdasarkan peredaran matahari dan bulan, lain halnya dengan kalender Imlek yang digunakan oleh Masyarakat Tionghoa, Kalender Imlek ini menggunakan fase bulan sebagai acuan utama namun juga menambahkan pergantian musim di dalam perhitungan tiap tahunnya. kalender yang terakhir yaitu kalender Jawa adalah sebuah kalender yang istimewa karena merupakan perpaduan antara budaya Islam, budaya-Hindu-Budhdha Jawa dan bahkan juga sedikit budaya Barat.

04. Sebelumnya, orang Arab pra-kerasulan Rasulullah Muhammad SAW telah menggunakan bulan-bulan dalam kalender hijriyah ini. Hanya saja mereka tidak menetapkan ini TAHUN BERAPA, tetapi TAHUN APA. Misalnya saja kita mengetahui bahwa kelahiran Rasulullah SAW adalah pada tahun gajah.

05. Abu Musa Al-Asyári sebagai salah satu gubernur di zaman Khalifah Umar r.a. menulis surat kepada Amirul Mukminin yang isinya menanyakan surat-surat dari khalifah yang tidak ada tahunnya, hanya tanggal dan bulan saja, sehingga membingungkan.

06. Khalifah Umar lalu mengumpulkan beberapa sahabat senior waktu itu. Mereka adalah Utsman bin Affan r.a., Ali bin Abi Thalib r.a., Abdurrahman bin Auf r.a., Sa’ad bin Abi Waqqas r.a., Zubair bin Awwam r.a., dan Thalhan bin Ubaidillah r.a. Mereka bermusyawarah mengenai kalender Islam. Ada yang mengusulkan berdasarkan milad Rasulullah saw. Ada juga yang mengusulkan berdasarkan pengangkatan Muhammad saw menjadi Rasul. Dan yang diterima adalah usul dari Ali bin Abi Thalib r.a. yaitu berdasarkan momentum hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Yatstrib (Madinah). Maka semuanya setuju dengan usulan Ali r.a. dan ditetapkan bahwa tahun pertama dalam kalender Islam adalah pada masa hijrahnya Rasulullah saw.

07. Nama-nama bulan dalam kalender hijriyah (Muharram, Safar, Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah dan Dzulhijjah) ini diambil dari nama-nama bulan yang telah ada dan berlaku pada masa itu di wilayah Arab.

08. Kalender Masehi menggunakan Singkatan M dan SM (Sebelum Masehi) sedangkan Kalender Hijriyah yaitu H

09. Ahli Hisab sepakat bahwa pada tanggal 15 Juli 622 M bertepatan dengan tanggal 01 Muharam 01 H

10. Tahun kelahiran Rasulullah SAW menggunakan kalender Masehi (menurut jumhur ulama dan Muhadditsin adalah 12 Rabi’ul Awal/April 570/571 M) jika ada literatur yang menulis tahun kelahiran Rasulullah SAW menggunakan kalender Hijriyah maka pendapat itu salah (lihat point No. 09), Mungkin penulis salah tulis atau lupa di koreksi dan belum sempat di revisi.

11. Kalender Hijriyah waktunya lebih cepat karna dalam 1 bulan hanya terdiri dari 29/30 hari, jadi selisih jumlah hari dalam kurun waktu 1 tahun adalah 11 atau 12 hari dari kalender Masehi.

12. pada point ini hanya sekedar tambahan, jika anda tertarik untuk mengkonversi tanggal lahir Anda kedalam kalender Hijriyah anda bisa mencoba mengunjungi tautan berikut : http://rukyatulhilal.org/konversi (dalam kalender Hijriyah usia jadi saya bertambah 2 tahun hahay)

Bismillahirohmannirohim,

Kesal saya mendengar dan melihat hanya karna segelintir orang yang mengatasnamakan agama bertindak seenaknya dan merugikan orang lain mengakibatkan efek global yang berkepanjangan, dan agama ku menjadi tercoreng namanya, hai kalian jangan kau menyalahkan agama ku, tapi salahkanlah mereka. gunakanlah akal mu dalam menganalisa logika sederhana yang saya paparkan.

* Jika konten media social network ku (facebook, twitter, path -> Status, photo, Friends, etc) menurut mu tidak baik dan sangat mengganggu ketentraman mu, maka salahkan pada ku, jangan kau salahkan media social networknya, karna sejatinya media tersebut bertujuan baik.

 

* jika perilaku/akhlak ku/akidah ku menyimpang dan sangat mengganggu ketentraman mu, maka salahkan pada ku, jangan kau salahkan agama ku, karna semua agama sejatinya mengajarkan kebaikan.

 

* Jika ‘mereka’ melakukan perusakan/pembooman/membunuh/kekerasan seksual/etc atas nama Islam, maka salahkan pada mereka sendiri, jangan kau salahkan islam, karna sejatinya islam adalah agama yang sempurna.

Wassalam,

Anda yang menggunakan Android, dan ingin mempertebal pengetahuan islami saya anjurkan meng-instal Rekomendasi Aplikasi Islami di Android yang saya paparkan dibawah ini dan semuanya FREE.

1. iQuran Lite : download disini -> Membaca Al-Quran menjadi lebih mudah.

iQuran Lite
iQuran Lite

 

2. Waktu Shalat : download disini -> Menampilkan waktu shalat di Indonesia. Lokasi anda akan terdeteksi otomatis. Saat waktu shalat anda akan mendengar adzan.

Waktu Shalat
Waktu Shalat

 

3. Tuntutan Sholat Sunnah : Download Disini -> Banyak manfaat dan keutamaan shalat Sunnah yang dapat dipetik. Seperti sebagai penyempurna akan shalat wajib, menghapuskan kesalahan, membawa keberkahan, menaikan derajat dan masih banyak keutamaan lainnnya.

Tuntunan Shalat Sunnah versi mobile ini semoga dapat membantu meningkatkan shalat Sunnah kita. Aplikasi ini disertai dengan bacaan (lafaz-Arab) dan pelafalan latin. Sehingga memudahkan user yang belum terbiasa bacaan (huruf) Arab.

Tuntunan Sholat Sunnah

 

4. Kisah 25 Nabi dan Rasul – Download Disini -> Kisah 25 Nabi dan Rasul adalah Aplikasi berupa ebook atau kumpulan artikel untuk mobile phone berbasis Android.

Aplikasi ini berisi Artikel tentang Kisah 25 Nabi dan Rasul. Sumber dari aplikasi ini berdasarkan dari blog-blog yang terdapat di Internet.

Kisah 25 Nabi dan Rasul

5. Kisah Sahabat Nabi – Download Disini -> Kisah Sahabat Nabi adalah Aplikasi berupa ebook atau artikel untuk mobile phone berbasis Android.

Kisah Sahabat Nabi berisi kumpulan kisah-kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW dan mempunyai unsur dari agama Islam. Kami akan menambahkan kisah-kisah lainnya diupdate berikutnya.

Kisah-kisah ini dikumpulkan dari blog-blog yang terdapat di Internet. Terdapat 27 Kisah Sahabat Nabi untuk version 1.0 ini.

Kisah Sahabat Nabi

6. Kisah Teladan – Download Disini -> Aplikasi ini adalah merupakan ebook untuk mobile phone.

Ianya berkisarkan kisah teladan dan mempunyai unsur dari agama Islam. Tambahan cerita kisah 25 nabi juga akan ditambahkan kemudian hari. Cerita-cerita ini telah dikumpulkan dari blog-blog yang terdapat di Internet.

Terdapat 30 cerita untuk version 2.1 ini.

Kisah Teladan

 

7. Solat dan Terjemahan – Download Disini -> Solat dan Terjemahannya adalah merupakan satu aplikasi ringkas yang dapat membantu kita memahami serta menghayati makna bacaan didalam solat.
Terjemahan yang dibuat adalah berdasarkan makna setiap ayat-ayat yang terdapat didalam bacaan solat.
Bahasa yang di gunakan adalah Bahasa Malaysia.
Semua terjemahan yang ditulis adalah berdasarkan panduan daripada beberapa buah buku yang terdapat di pasaran.

Solat dan Terjemahan

 

8. Panduan Haji Bergambar -> Download Disini  Panduan Haji Bergambar Android

* Hajj Map Guide
* Checklist for Hajj
* Offline
* Free
* Automatic screen rotate

Panduan Haji Bergambar

Semoga Aplikasi yang telah saya rangkum diatas menambah wawasan Islami Anda, ;) oia jika anda mau menambahkan silahkan berikan tambah di komentar, nanti akan saya update kembali aplikasi diatas.