Studi kasusnya seperti ini, saya punya server untuk  kebutuhan monitoring dan telah di instal Linux  dengan distro debian,  terhubung menggunakan IP Public, Jika saya tidak berada di ruang server, tentu server tersebut harus bisa saya remote, nah pada artikel  ini saya akan coba menjelaskan apa yang sudah saya lakukan.

1. Instal XRDP menggunakan perintah berikut

$ sudo apt-get install xrdp

jika anda menggunakan distro lain, silahkan baca dokumentasinya pada link berikut : http://www.xrdp.org/index.php?
option=com_content&view=category&id=2&Itemid=7


2.
Jalankan aplikasi XRDP yang telah diinstal

$ sudo /etc/init.d/xrdp start

3. Supaya aplikasi XRDP berjalan otomatis setelah server restart maka harus di set pada start-up nya, berikut perintahnya

update-rc.d xrdp.sh defaults

untuk disable start up nya gunakan perintah berikut  :

update-rc.d xrdp.sh remove

4. Untuk meremote server debian, saya menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Windows yaitu “Remote Desktop Connection”  cukup masukan IP Public yang akan di remote.

 

Halaman login setelah anda Menekan Tombol Connect, silahkan masukkan username dan password account linux anda.

Tampilan Desktop Linux setelah anda berhasil Login.

Satu hal yang menarik, XRDP ini support untuk di remote via smartphone, jadi ketika saya sedang tidak di depan komputer, saya cukup mengakses lewat iphone yang saya gunakan menggunakan aplikasi Remote Desktop – Unversal App aplikasi ini gratis kok, silahkan cek di App Store Anda.

Untuk Android maaf saya belum tau menggunakan aplikasi apa untuk meremotenya, mungkin rekan-rekan ada yang mau ikutan share.

Berikut Screenshoot ketika saya meremote menggunakan iPhone, pada gambar dibawah ini setelah saya membuka aplikasi Remote Desktop – Universal App cukup konfigurasi dengan memasukkan IP Public Server yang akan di remote

Semoga bermanfaat :D

 

Referensi :

  • http://www.xrdp.org

Ada seorang kerabat yang gemar sekali membaca berita terkini melalui smartphone Androidnya, untuk berita luar menggunakan aplikasi Flipboard, berita lokal menggunakan aplikasi detik.com, kompas, okezone, tabloid pulsa dkk.  Lalu saat melihat aplikasi Flipboard yang saya gunakan dia sedikit heran, karna dalam aplikasi flipboard yang saya gunakan sudah terdapat berita detik, kompas, tabloid pulsa dll, dan tentunya yang saya gunakan hanya satu aplikasi saja yaitu flipboard, aplikasi yang lain tidak saya gunakan demi meminimalisir jumlah memori dan cache yang digunakan. berikut ini cara menambah berita lokal pada aplikasi flipboard.

  • Aplikasi Flipboard harus sudah terinstal, jika belum silahkan download terlebih dahulu melalui market, aplikasi ini Free dan anda harus membuat account dan ini juga free
  • buka aplikasi Fliboard, klik pada bagian logo search pada pojok kanan atas.

    Flipboard
    Flipboard
  • Lalu ketik berikta lokal yang anda inginkan, pada contoh dibawah ini saya mengetik “detik” dan hasil pencarian akan tampil, klik logo plus ” + ” dan otomatis berita detik akan ada di halaman depan Flipboard Anda.
Flipboard Add detik.com
Flipboard Add detik.com
  • berikut ini contoh berita lokal yang berhasil saya tambahkan pada aplikasi Flipboard. ;)
Menambah berita lokal pada aplikasi fliboard
Menambah berita lokal pada aplikasi fliboard

Keuntungannya sangat jelas sekali, anda tidak perlu menginstal beberapa aplikasi hanya untuk melihat berita dan tentunya cukup menghemat memory, lalu aplikasi Flipboard tidak ada pop-up iklan ini yang lebih saya sukai

Selamat mencoba ;)

Untuk kebutuhan design gedung termasuk interior salah satu unit di kantor akhirnya meng-order Software Original Autodesk 2012, saat Software tersebut dateng ke meja gw, gw sempet kaget, “kok kardus nya kecil???” dan setelah gw buka Box nya, ternyata installernya bukan DVD lagi, melainkan USB Flashdisk dengan size 16GB wow baru tau gw (dasar…ga update :P )

Autodesk 2012
Autodesk 2012

Sekedar berbagi pengalaman mengenai instalasi windows, kurang lebih selama 6 tahun saya selalu membawa kumpulan CD maupun DVD instaler Windows termasuk bermacam2 CD Software BAJAKAN lainnya. Suatu hari ketika sedang menginstal ulang windows seorang teman,  wanita tentunya :D entah kenapa pada menit-menit tertentu file-file windows tidak tercopy seluruhnya, hmmm prediksi pertama mungkin kepingan CD nya yang sudah Scratch, saya coba ganti dengan CD yang lain, setelah menunggu proses copy yang menghabiskan 2 batang djarum super “lho kok masih error juga!!!” Coba pinjem CD XP ke tetangga sebelah dengan segenap harapan semoga do’i ga illfill dengan kejadian ini, Yes….CD installer XP tetangga sudah ditangan, coba untuk diinstal lagi dan JREENGGG…..komputernya malah nongol Blue Scrennn, dan ternyata setelah CDROM diganti (minjem tetangga juga tentunya :D ) semua proses installasi mulai dari awal sampai akhir tak ada error sedikitpun.

Lain dulu lain sekarang, semenjak hadirnya Netbook yang tidak memiliki CDROM Internal memacu para programmer untuk membuat applikasi Portable Instaler  yang memudahkan proses installasi Sistem Operasi hanya lewat USB Flash Disk, dan ini berlaku pula untuk komputer Desktop & Notebook yang anda miliki, tentunya semenjak hadir Applikasi yang membuat Windows Installer bisa Boot Via USB akan meminimalisir faktor-faktor kegagalan installasi seperti kisah tragis diatas :D    salah satu applikasi yang akan saya bahas disini adalah USB Multiboot yang sudah saya edit beberapa source code nya agar kompatible dengan windows 7, Sesuai judul pada artikel ini saya akan membuat Multiple Booting Windows Installer (Windows XP, Windows 7, Hireen Boot) Via USB Flash Drive

Hardware & Software yang dibutuhkan :

- USB Flashdik Minimal 4 GB

- Komputer, Notebook, Netbook dengan BIOS yg sudah mampu untuk Booting Via USB

- CD ataupun DVD Windows XP, Windows 7 dan Hireen Boot, atau anda juga bisa menggunakan ISO dari masing2 OS tersebut gunakan  applikasi Daemon Tools Lite untuk membuat Image Windows Installer dalam format ISO yang bisa anda download disini

- Applikasi USB Multiboot, download disini

Mulai dari sini, Resiko rusaknya USB Flash Drive ataupun External Hard Disk  Anda  maka bukan tanggung jawab penulis, resiko tanggung sendiri OK, berikut ini langkah demi langkah untuk membuat  Multiple Booting Windows Installer (Windows XP, Windows 7, Hireen’s Boot) Via USB.

1. Masukkan USB Flashdisk yang akan dijadikan Multiple Boot Installer

2. Jika komputer anda menggunakan windows 7, maka anda harus menonaktifkan “User Account Control Settings” caranya, masuk ke Control Panel -> User Accounts -> Change User Account Control Settings, turunkan dropdown sampai bawah (Never Notify) lalu restart komputer anda, bagi pengguna windows XP anda bisa melanjutkan ke Step-3

Multiple Booting

3. Extract USB Multiboot yang telah anda download lalu jalankan file USB_Multiboot_10


4. Tekan Enter, lalu tekan tombol ” h ” pada keyboard anda untuk memformat USB dengan file system NTFS

Pada menu Device : pilih Flash Disk anda yang akan diformat, File system pilih “NTFS”,  Format Option pilih Quick Format, terakhir klik tombol Start untuk memformat USB Flashdisk Anda.

5. Setelah proses format selesai, Tekan angka ” 1 “ untuk memilih sumber CD  installer Windows XP

6. Anda akan diminta untuk mengisi data yang nantinya akan diminta ketika anda menginstal windows XP, bagian ini sangat menarik, karna saya cukup meng-input data-data yang saya butuhkan sekali saja, dan ketika saya instal Windows XP saya tidak direpotkan untuk mengisi Owner Full Name, Organization Name, Serial Number, Computer Name, Dsb. Pada menu ini Pilih Yes untuk mengisi data-data sesuai kebutuhan anda.

7.  Tahap selanjutnya Tekan angka ” 2 “ untuk memilih letak USB Flash Drive

8. Selanjutnya tekan angka ” 3 “ untuk melakukan proses peng-copyan file-file Windows XP ke USB, Pada saat proses peng-copyan akan tampil beberapa Pop-Up, silahkan anda pilih Yes semua

9. Siapkan CD ataupun ISO dari Hiren’s Boot, lalu Copy folder ” HBCD “ ke dalam Flashdisk Anda.

10. Tolong baca dengan teliti kalimat yang saya buat berikut : Didalam folder USB_MultiBoot_10 terdapat folder boot yang berisi 3 buah file yaitu “ boot.ini – grldr – menu.lst ” copy 3 file tersebut ke flashdik anda, dan juga copy file menu.lst ke dalam folder HBCD yang ada di flashdisk anda.

11. Tahap terakhir yaitu, siapkan DVD ataupun ISO Windows 7, lalu Copy seluruh isi DVD kecuali file “autorun.inf”

Silahkan anda coba untuk boot flashdisk Anda melalui USB, jika anda membaca dan mengikuti artikel ini dari awal anda akan mendapatkan tampilan dibawah ini ketika anda mencoba boot via usb.

Ket :

  1. Instal Windows XP tanpa perlu repot memasukkan Serial Number, Computer Name, dsb
  2. Menu hiren’s boot dan juga menu untuk meng-instal Windows 7
  3. Instal Windows XP secara normal

Catatan tambahan : ketika anda selesai mengin-instal windows XP menggunakan USB, maka saat booting terdapat  2 atau bahkan sampai 3 pilihan menu untuk masuk ke windows XP, untuk menghilangkannya, masuk ke Control Panel -> System ->Pilih tab Advanced -> pada “Startup and Recovery” pilih Settings -> klik tombol “Edit” dan ganti isi file boot yang sebelumnya berisi :

[Boot Loader]
timeout=30
Default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS

[Operating Systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(1)partition(1)\WINDOWS=”USB Repair NOT to Start Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect

Edit menjadi

[Boot Loader]
timeout=30
Default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS

[Operating Systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect

Selamat mencoba :

Greetz to

  • reboot.pro
  • exploreyourbrain.com
  • google.com

http://www.maknyos.com/tplr7tvlabbt/USB_MultiBoot_10-maknyos.com.rar.html
Tethering
Tethering

Sedikit intro, dulu ditempat saya tinggal, saya menggunakan Provider Speedy untuk berselancar ria di dunia maya, kocek yang saya keluarkan lumayan sekitar 200 rb/bulan, itu baru dirumah, untuk kebutuhan sms, chat, push mail, online via handphone dan lain sebagainya dana yang saya keluarkan juga lumayan mahal ya kurang lebih 150 rb/bulan (100rb untuk net unlimited + 50rb untuk pulsa telpon & sms), jadi total pengeluaran saya yang berhubungan dengan dunia Internet dan telekomunikasi kurang lebih menjadi 350 rb/bulan wow sungguh2 pemborosan.

Lain dulu lain sekarang, jika dulu saya harus mengeluarkan uang 350 rb/bulan untuk segala hal yang berhubungan dengan upload & download, kini semenjak menggunakan Smartphone Android saya telah memutus koneksi Speedy dan cukup mengeluarkan uang 150rb/bulan untuk ber-internet dirumah, kantor, dimanapun saya berada (yg penting ada sinyal :D ), bahkan biaya ini bisa berkurang jika anda menggunakan provider lain yang paket internetnya lebih murah, How Can I Do That???

Yang saya lakukan adalah eeeiittsss tunggu dulu, alangkah lebih baik jika saya memperkenalkan istilah baru yang mungkin baru saja anda dengar (mungkin lho) yaitu Tethering.

Tethering adalah salah satu metode untuk men-share internet melalui sebuah smartphone, media sharing yang digunakan bisa menggunakan kabel data (yang jelas bukan kabel UTP yang di pake buat LAN..!!!), Bluetooth, dan Wireless, penjelasan Tethring ini saya ambil dari wikipedia, jika anda masih bingung dengan penjelasan yang saya ‘comot’ dari Wikipedia maka akan saya coba sederhanakan, Android yang anda miliki bisa anda jadikan modem internet untuk PC / Notebook  dengan menggunakan kabel data USB, anda juga bisa menjadikan Android anda menjadi mobile Hotspot jadi seolah-olah android anda menjadi sebuah Access Point, dan sangat disayangkan Metode Tethering baru diperkenalkan pada android versi 2.2 (Froyo), jadi maaf saja jika anda menggunakan versi android dibawah versi 2.2 anda tidak bisa mempraktekkan artikel ini, oke intro-nya cukup sampai sini, sekarang kita lanjut ke Verse nya (abis itu chorus, solo guitar, interlude baru ending dah hahahahaha jangan lupa maennya di kunci C :D )

USB Tethering : studi kasus 1

Ranchoddas memiliki Smartphone android dan telah berlangganan internet unlimited, dirumahnya ia juga memiliki sebuah komputer yang sama sekali tidak ada koneksi internet, suatu hari pacarnya yang bernama Pia yang berada di luar kota ingin sekali bertatap muka dengan Ranchoddas menggunakan video call, dan sangat disayangkan Smartphone Android milik Ranchoddas belum support untuk video call (maklum gak ada front cameranya :P ), lalu bagaimana Ranchoddas mengatasi masalah ini???

Yang perlu dilakukan adalah menghubungkan Smartphone Androidnya ke PC menggunakan kabel data USB (kabel data biasanya sudah di sertakan saat anda membeli smartphone), lalu pada smartphone Android masuk ke menu Settings -> Wireless & networks -> Tethering & Portable hotspot -> dan mengaktifkan USB tethering seperti gambar dibawah ini.

USB Tethering
USB Tethering

Secara otomatis akan ada satu tambahan lancard yang tidak perlu di repotkan dengan pengisian IP Address seperti gambar dibawah ini

USB Tethering
USB Tethering

Dan komputer Ranchoddas sekarang sudah terkoneksi internet, langsung ia membuka applikasi Skype dan menunggu sang pacar meng-call ID nya, tapi tunggu, kamera untuk video callnya pake apaan nihh??? Tanpa pikir panjang Ranchoddas meminjam Web Cam pada Raju Rastogi yang tak lain adalah tetangga sebelahnya, akhirnya setelah Web Cam tersedia tinggal di koneksikan ke komputer dan tak lama terdengar suara tutt….tuut….cekrekkk…jreejrenngggg, rindu tebal yang dialami sepasang kekasih ini akhirnya terbayarkan.

Wireless LAN Tethering : Studi kasus 2

Raju Rastogi, seorang Web Programmer yang sudah lama malang melintang di dunia bisnis Web baru saja mendapatkan client yaitu seorang artis pendatang baru yaitu Yasmine  Wildblood, saat bertemu dengan managernya, artis cantik yang saat ini bermain di film “Putri yang Di tukar” ini ingin dibuatkan official website pribadi khusus untuk para penggemar-nya. Setelah deal, Raju meminta waktu 1 minggu untuk mengerjakan website tersebut.

Seminggu kemudian Raju telah menyelesaikan proyek website milik Yasmine  Wildblood, sebelum berangkat presentasi ia menge-cek perlengkapan seperti Notebook Lenovo Thinkpad T410, AHA Modem dan tak lupa membawah Handphone (Android yang udah langganan internet tentunya :D ) agar semuanya berjalan lancar, “Bismillah ir-Rahman ir-Rahim” berangkatlah raju bertemu dengan clientnya, setelah bertemu artis cantik  Yasmine  Wildblood tidak seperti biasanya raju sedikit agak grogi, sambil menyalakan notebook  tangan kiri raju me-rogo-rogo Tas untuk mengambil AHA Modem, dan ternyata AHA Modem yang dibawa oleh Raju hanyalah Dus kemasan AHA Modemnya saja WHATT internetnya gimana dong????, dicoba untuk scanning hotspot di area sekitar ruang meeting via wireless notebook ternyata tidak ada satupun hotspot yang terdeteksi, membatalkan presentasi sangat tidak mungkin, karna Raju adalah seseorang yang memiliki harga diri tinggi apalagi dihadapannya ada wanita cantik artis pula lagi, lalu bagaimana caranya Raju melanjutkan presentasi tanpa AHA Modem????

Ini dia jawabannya, Raju mengeluarkan smartphone Androidnya lalu masuk ke menu Settings -> Wireless & networks -> Tethering & Portable hotspot -> Portable Wi-Fi hotspot settings -> Configure Wi-Fi hotspot

WiFi Tethering
WiFi Tethering

Dan melakukan setting seperti gambar dibawah ini

WiFi Tethering
WiFi Tethering

Keterangan :

  • Network SSID : Nama hotspot yang nanti akan di deteksi oleh Wireless Client pada contoh diatas saya membuat SSID dengan nama “exploreyourbrain”
  • Security : Untuk memberikan password kepada siapa saja yang akan melakukan koneksi ke hotspot, pada contoh diatas saya menggunakan Enkripsi WPA2 PSK
  • Show Password : agar password terlihat jelas, saya membuat password “123456789”
  • Save : untuk menyimpan hasil konfigurasi

Setelah selesai menyimpan hasil konfigurasi lalu aktifkan / centang “Portable Wi-Fi hotspot”

WiFi Tethering
WiFi Tethering

Lakukan Scanning Wireless pada notebook maka akan terdeteksi nama SSID yang telah dibuat lalu masukkan password seperti gambar dibawah ini.

WiFi Tethering
WiFi Tethering
WiFi Tethering
WiFi Tethering

dan akhirnya akses internet sudah di dapatkan. Dan raju dapat melanjutkan presentasi Proyek Websitenya deh.

Studi kasus diatas bisa anda improvisasi sesuai dengan kebutuhan Anda, dan sebagai bonus saya akan memberikan sebuah studi kasus yaitu Menjadikan Wireless Notebook menjadi sebuah router Internet menggunakan Applikasi Connectify yang bisa anda download disini dan syaratnya anda harus menggunakan OS Windows 7 (untuk Windows XP  anda bisa menggunakan tekhik Ad Hoc).

Connectify – Wi-Fi Hotspot For Windows : Bonus Studi kasus 3

Anda memiliki sebuah Notebook yang terhubung ke internet melalui kabel UTP entah itu menggunakan ADSL Modem, LAN internet kantor ataupun USB Modem (yang pasti anda tidak menggunakan media Wireless untuk konek ke internet), dan satu lagi anda memiliki Smartphone Android, BB, iPhone, & Windows Mobile yang kebetulan akses internet pada masing2 gadget tersebut mati.

Dengan menggunakan Software Connectify anda bisa menjadikan Notebook anda menjadi sebuah hotspot, sehingga gadget yang anda miliki bisa mengakses internet via Notebook  yang sudah terinstal Connectify, caranya sangat mudah.

1. Download dan Install Software Connectify

2. Setelah selesai, maka ikuti panduan gambar yang saya ambil dari situs resmi connectify.

Connectify Guide
Connectify Guide

Selsai deh, semoga artikel ini dapa membantu anda dalam memaksimalkan Wireless Mobile yang anda miliki.

WiFi Tethering