Alif sedang berbincang dengan Bagir mereka berdua sedang dilanda demam batu akik yang saat ini sedang trend dikalangan anak muda. “eh Bagir tau gak lu Kalo pake cincin batu jenis X katanya bisa tambah berwibawa, trus ada juga jenis yang Y katanya bisa mempermudah rejeki”

Tata teman mereka juga yang mencuri dengar perbincangan tersebut langsung memotong pembicaraan dan berkata dengan nada ketus “PERCAYA aja lu sama BATU, Percaya tu sama Allah yang ngasih rejeki bukan sama BATU!!!!”

Dengan tutur kata yang lembut Bagir menjelaskan,

“Saudara ku Tata, apa yang Anda sampaikan betul sekali bahwa sejatinya yang memberikan rejeki itu Allah semata, dan apa yang di katakan saudara Alif juga benar bahwa cincin batu akik bisa membawa manfaat bagi pemakainya dan semua manfaat yang didapat atas ijin Allah tentunya”

“Ya gak mungkin lah batu bawa manfaat, wibawa lah rejeki lah gw mah ga percaya model bgituan musyrik itu, lagian elu masih muda kaya aki-aki aja pake batu akik” sahut Tata

Bagir lagi lagi selalu tersenyum mendengar jawaban Tata, dan kali ini senyumannya bak KH. Aagym dan ia berkata
“Hhmmm bgitu ya, tau kah saudara, bahwa saya dan Alif mengenakan cincin batu akik itu karna idola saudara mengenakannya juga lho”

“Idola gw? Ariel Noah maksud lu? Stau gw doi gak pake cincin batu akik dah, sok tau banget idola gw lu” sahut Tata dengan nada tegas.

Bagir sedikit tertawa sampai terlihat gigi geraham nya seraya menjelaskan bahwa

“idola yang saya maksud bukan Ariel Noah saudara ku, yang saya maksud adalah idola kaum muslimin yaitu Rasulullah SAW, banyak sekali Sunah Rasulullah SAW yang blm bisa saya kerjakan, dan minimal ada satu yang saya amalkan yaitu mengenakan cincin perak bertahtakan batu akik”

Tata diam dan cemberut hatinya gundah bahwa ia baru tau kalau mengenakan cincin adalah sunah nabinya.

“Allahu akbar Allahu akbar…” Suara adzan sholat jumat telah berkumandang

Tata berucap “udah adzan jumatan nih, sampe sini dulu ngobrolnya nanti kita lanjutin lagi, assalamualaikum”

Berangkatlah Tata bergegas ke masjid untuk sholat jumat, ketika ia berwudhu di sebelahnya ada anak muda, terlihat anak muda yang sedang berwudhu mengenakan cincin batu akik, dalam hati ia berucap “yah ini lagi bocah masih muda, ikut”an pake batu akik”

Lalu setelah ia masuk ke masjid sholat sunah 2 rakaat dan duduk untuk mendengarkan khotib dilihatnya sebelah kiri dan kanannya jemaah yang juga mengenakan batu akik, berucap lagi ia dalam hati

“baru sadar gw, muslimin yang pake cincin batu akik banyak juga ya”

Dan pada jumat tersebut sang khotib menjelaskan tentang manfaat sunah” Rasulullah SAW yang diabaikan kaum muslimin, sang khotib tidak membahas tentang cincin batu akik, tapi dilihatnya oleh si Tata bahwa sang khotib mengenakan cincin batu akik, dan alhamdulillah cahaya hidayah untuk menyukai sunah Rasulullah SAW mulai timbul dihatinya. Ia bergumam dalah hati

“Ya allah apa benar mengenakan cincin perak bartahtakan batu itu sunah nabi ku, dan apakah memang ada manfaatnya, tunjukanlah aku ke jalan yang lurus Ya Rabb…

Setelah sholat jumat Tata mencari tau kebenaran tentang sunnah mengenakan cincin batu akik dengan googling melakui Smartphone yang ia punya, bertemulah ia dengan hadits shahih yang berbunyi

“Cincin Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terbuat dari perak, dan mata cincinnya berasal dari Habasyah (ethiopia).” (HR. Muslim 2094, Turmudzi 1739, dan yang lainnya).

“Wah bener apa yang di bilang sama Bagir, ternyata beneran ada hadits nya”

Saat selesai sholat jumat ia keliling masjid karna banyak pedagang yang berjualan di sekitar masjid, dan ia jumpa dengan penjual cincin batu akik,

Dalam hati ia berdoa “Ya Rab, tadi sebelom sholat jumat bahas cincin batu akik, pas jumatan juga ketemu banyak muslimin pake cincin batu akik, dan kini setelah jumatan diketemukan hamba mu ini dengan penjual batu akik, dan aku baru tau kalau mengenakan cincin batu akik itu termasuk dalam bagian sunah Nabi Mu, ya Rabb ampunilah kesombongan hamba mu ini ya Rabb, dan tunjukanlah aku ke jalan yang lurus yang engkau Ridhoi, Amin”

dihampirinya penjual tersebut, terlihat berbagai cincin batu akik yang dijual, tapi ada satu cincin batu akik yang membuat mata Tata selalu tertuju padanya, yaitu cincin batu akik jenis bacan
“Berapa harga cincin batu akik ini pak?”

“Ohh itu mah murah de, cuma 100rb” sahut pedagang.

Dilihatlah cincin itu oleh tata, “Bismillahirohmannirohim” dicobalah cincin itu di jari manis kanan, dan ternyata pas, “Ya Allah, cincin ini ukurannya pas sekali ditangan hamba, atas izin mu maka aku mengenakan cincin ini semata-mata hanya mengikuti Sunah Nabi Mu, tak ada yang lain” ucap tata dalam hatinya, seraya mengambil uang di dompet, “saya beli yang cincin ini pak, ini uangnya”

- Bersambung -

Kerambit

Setelah menonton film The Raid 2 saya penasaran dengan senjata yang digunakan oleh The Assasin (Cecep Arif Rahman) saat final fight melawan Rama (Iko Uwais), setelah menulusuri pencarian google ternyata senjata tersebut adalah “Kerambit”.

Berdasarkan sejarah tertulis, Kerambit / Karambit berasal dari Minangkabau, lalu kemudian dibawa oleh para perantau Minangkabau berabad yang lalu dan menyebar ke berbagai wilayah, seperti Jawa, Semenanjung Melayu dan lain-lain. Menurut cerita rakyat, bentuk kerambit terinspirasi oleh cakar harimau yang memang banyak berkeliaran di hutan Sumatera pada masa itu.

2 hal dari banyak hal yang saya suka dari The Raid 2: Berandal adalah hadirnya sosok petarung sekaligus pembunuh wanita yaitu Hammer Girl yg di perankan Oleh Julia Estele, dan satu lagi adalah senjata khas asli indonesia (Kerambit) yang namanya sekarang sudah tersiar ke luar indonesia.

So, bagi kalian penggemar Action Movie terutama Martial Arts silahkan tonton di bioskop, jangan nunggu download di ganool / torrent yang masih burem edition, bajakan pinggir jalan, dkk.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Kerambit

Image taken from kaskus

My Thinkpad T61 was dead, due the power supply doesn’t work technician from thinkpad service center said the power supply is directly connected to the mainboard and the solution is the mainboard must be replaced with cost approximately Rp. 3.700.000 (ohhh god, i better buy a new one) finally i buy a ThinkPad T400 with default operating system Windows XP, and I have successfully upgraded to windows 8 ;)

So, if you are using Thinkpad T400 and you want to upgrade to Windows 8, just try, because I’ve done it.

all drivers can be downloaded here

 

Thinkpad T400 With Windows 8
Thinkpad T400 With Windows 8
Unboxing Zippo
This Zippo Mine

Di akhir mei ini saya mendapatkan hadiah dari kerabat dekat sebuah Zippo Original, wooww, this gift its so awesome, who the hell are you who doesn’t know about zippo especially for men, produk dagang dari amerika sejak tahun 1930-an yang akhir-akhir ini selalu menemani saya dimanapun dan kapan pun, dan semenjak saya mengenakan zippo saya jadi banyak teman baru, “Zipponya bagus, dulu gw juga punya warisan dari bokap…bla..bla..bla… (ngobrol ngalor ngidul ga terasa udah 2 jam aja :p )” ya kurang lebih begitu percakapan yang sering saya temui.

Sekedar rekomendasi dari saya, kalau berminat untuk membeli zippo silahkan coba buka situs www.dzippo.com disitu tersedia juga aksesoris dan tips membedakan zippo original & zippo palsu.

belajar trick zippo bisa cek tautan berikut https://www.youtube.com/user/Ralphstricks

Isi ulang zippo (Zippo Lighter Fluid) bisa di beli di alfamart terdekat, berikut tautan cukup anda klik saja, Cara isi ulang zippo (refill), cara ganti batu (flint), cara ganti sumbu (wick)

sejarah zippo bisa di baca wikipedia, berikut saya berikan ringkasan zippo yang saya copas dari wikipedia

Zippo adalah merek korek api gas ”tahan angin” asal Amerika yang mulai dijual di pasaran sejak tahun 1930-an. Merek dagang Zippo menjadi salah satu icon kualitas kerajinan tangan Amerika. Bahkan saking terkenalnya, dalam percakapan di antara perokok tidak jarang mereka menyebutkan korek api lainnya dengan istilah Zippo, padahal belum tentu merek yang dimaksud adalah Zippo. Inilah keunikan dari Zippo dengan slogannya sejak dahulu kala “Windproof Lighter“.

 

“Pabrik Zippo didirikan pada akhir tahun 1932 oleh George G. Blaisdell. Produk pertama mulai diluncurkan sekitar bulan Januari dan Februari 1933. Produk mula-mula dipajang di Zippo/Case Visitor Center dengan catatan kecil tulisan tangan Mr. Blaisdell. Inovasi-inovasi dari Zippo sudah dimulai sejak awal berdirinya.

 

Nama Zippo sendiri berasal dari kata Zipper (retsleting) yang diplesetkan menjadi Zippo. Zippo pertama didunia ini dijual seharga US$. 1.95 dan dijual untuk umum.

 

Ketika Zippo pertama kali dikeluarkan, bentuknya memang sudah segi empat. Tapi bentuk sudutnya benar-benar kotak. Sedangkan kini, hampir semuanya, sedikit melengkung pada bagian pinggirnya. Bagian luarnya dibuat dari tabung braso kotak yang dilapis cat atau dilapisi krom. Sementara, engsel antara bagian penutup atas dan tabung bawah ada di bagian luar.”

 

“Indikator nama-nama bulan diwakili dengan alfabet dari huruf A hingga L. Sementara untuk tahun dilambangkan dengan huruf romawi. Tanda-tanda tersebut di atas berlaku mulai 1 Juli 1986.”

 

This zippo is mine
This zippo is mine

Semoga informatif bagi yang membacanya,

Source :

  • www.zippo.com
  • www.dzippo.com
  • id.wikipedia.org
  • www.youtube.com
  • thx 2 @axl_arvnsis who gave me this toy

 

R.A Kartini
R.A Kartini

Habis Gelap Terbitlah Terang adalah buku kumpulan surat yang ditulis oleh Kartini. Kumpulan surat tersebut dibukukan oleh J.H. Abendanon dengan judul Door Duisternis Tot Licht . Setelah Kartini wafat, Mr. J.H. Abendanon mengumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada teman-temannya di Eropa. Abendanon saat itu menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda. Buku itu diberi judul Door Duisternis tot Licht yang arti harfiahnya “Dari Kegelapan Menuju Cahaya”. Buku kumpulan surat Kartini ini diterbitkan pada 1911. Buku ini dicetak sebanyak lima kali, dan pada cetakan terakhir terdapat tambahan surat Kartini. Kartini mendapatkan inspirasi dari kalimat Kitab Sucinya ‘mina dulumati ila nuur’….” [1]

Penggalan cuplikan kata-kata yang saya ambil diatas melalui situs wikipedia merupakan kiasan yang saya ambil untuk sekedar meng-update situs ini yang selama kurang lebih tujuh tahun 2007-2013 dalam warna kegelapan (themenya berwarna hitam pekat ) kini berubah total menjadi terang benderang berwarna dominan putih ;) theme yang saya gunakan adalah The Bootstrap thanks a lot for the themes i love it,-

Dan sebenarnya saya sudah ada niatan untuk merombak total pada saat bulan januari 2013 namun karna kesibukan yang padat sekali akhirnya ‘ngaret’ jadi bulan february deh, cukup sekian, sampai jumpa di posting saya selanjutnya ;)

 

Source Image : http://id.wikipedia.org/wiki/Habis_Gelap_Terbitlah_Terang