Java Desktop

eBook menarik seputar pemrograman java yang dibuat oleh Sdr. Ifnu Bima yang berisi sekitar 304 Halaman cukup menarik karna pembahasannya sangat terperinci (dan membuat saya ingin muntah untuk membacanya hahaha) dan banyak sekali teknik2 yang baru saya ketahui setelah membaca eBook ini, berikut ini potongan dari penulis mengenai isi dari masing2 bab  Buku ini terdiri dari 8 bab, antara lain :

Bab 1 kita akan membahas tentang Java Fundamental, bab ini dibagi menjadi dua bagian besar: belajar sintaks java dan belajar OOP menggunakan java. Di dalam bab ini juga dibahas tentang java 5 language enhancement yang mencakup beberapa perubahan fundamental di dalam sintaks java. Bab ini cukup panjang dan mangambil porsi hingga 1/3 dari buku ini.

Bab 2 membahas tentang tools yang kita gunakan, NetBeans. Bagaimana membuat project, menambahkan library, menambahkan library ke pallete, menggunakan editor dan debugger, dan seterusnya. Penguasaan akan IDE diperlukan untuk menaikkan produktiftas, tanpa penguasaan IDE yang baik, produktiftas tinggi susah untuk dicapai.

Bab 3 membahas tentang koneksi ke database menggunakan JDBC. Di bab ini mulai dibahas tentang design-pattern dalam membuat kode. DAO dan Service adalah design-pattern sangat penting dalam akses database. Dilanjutkan dengan membahas ORM, Hibernate dan Spring untuk akses data. Dengan menggunakan Hibernate, produktiftas programmer menjadi meningkat drastis dibanding menggunakan JDBC murni. Spring digunakan sebagai “lem” untuk merekatkan berbagai macam komponen aplikasi, termasuk nanti digunakan sebagai tulang punggung arsitektur three tier

Bab 4 membahas tentang Swing dan komponen-komponenya. Dibahas juga pattern MVC yang digunakan komponen Swing dalam mengolah dan menampilkan data.

Bab 5 membahas bagaimana membuat aplikasi POS. Dimulai dari membuat halaman master, dilanjutkan dengan membuat halaman pembelian dan penjualan.

Bab 6 membahas bagaimana membuat report dengan JasperReport. Di dalamnya termasuk juga teknik mengcompile report yang dibuat secara otomatis menggunakan ant script bawaan dari NetBeans.

Bab 7 membahas bagaimana mengimplentasikan arsitektur three tier menggunakan Spring Remoting.

Bab 8 merupakan bab terakhir yang membahas bagaimana membuat installer menggunakan IzPack, sehingga aplikasi mudah didistribusikan dengan adanya fle installer.

eBook bisa di download di situs resmi disini : http://tanyajava.cloudfoundry.com/download/javadesktop

atau bisa juga bisa di download mirrornya disini http://dl.dropbox.com/u/13507549/Java_Desktop-Ifnu_Bima.pdf

Source codenya bisa di download disini http://code.google.com/p/project-template/downloads/list
Selamat belajar, Semoga Bermanfaat

5 thoughts on “eBook Java Bahasa Indonesia – Aplikasi POS Berarsitektur Three Tier Menggunakan Swing, Hibernate, dan Spring

  1. naturally like your web site but you need to check the spelling
    on several of your posts. A number of them are rife with spelling problems
    and I to find it very bothersome to inform the truth nevertheless I’ll definitely come back
    again.

    Reply
  2. Through the night the person strips its skin, merchants it and
    turns into a fireball that flies throughout the atmosphere looking for sufferers, although by
    morning, the soucouyant is just a reclusive old lady.
    The soucouyant is said to pull on the body from its subjects,
    after which deal the blood with struggles for bad abilities.
    Comparable to the vampire myth that is American, if a soucouyant stinks on a lot of bloodstream,
    its target will possibly expire or develop into a soucouyant.

    Reply

Leave a reply

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> 

required