With iOS 7 or later, Find My iPhone includes a new feature called Activation Lock, which is turned on automatically when you set up Find My iPhone. Activation Lock makes it harder for anyone to use or sell your iPhone, iPad, or iPod touch if it’s ever lost or stolen.

Sejak di release pada pertengahan tahun 2013 fitur Activation Lock membuat mati kutu para pencuri Apple Device (iPhone, iPod, iPad, dll) bagaimana tidak, jika Apple device anda hilang maka si pencuri tidak akan bisa menggunakannya, karna untuk dapat menggunakan perangkat Apple harus melakukan Activation Lock yaitu memasukan Apple ID yang seblumnya digunakan oleh pengguna aslinya.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba melakukan studi kasus dimana iPhone yang saya gunakan akan saya buat seolah-olah hilang (ini hanya studi kasus saja lho ya, mudah”an jangan sampe ilang beneran ;) ).

Berikut keadaan iPhone yang saya gunakan

  1. iOS yang digunakan versi terbaru yaitu 7.1.1
  2. sudah terinstal aplikasi find my iPhone
  3. Location Service On (Fitur GPS)
  4. Passcode juga telah di aktifkan

Konfigurasi dasar diatas adalah iphone yang saya gunakan, dan anggap saja bahwa iPhone saya telah hilang, lalu apa yang pertama  dilakukan?

Jika anda memiliki teman yang juga menggunakan iPhone, maka ini menjadi lebih mudah, pada studi kasus ini saya meminjam iPhone rekan saya, dan saya membuka aplikasi Find My Iphone, jika belum ada maka anda Wajib meng-instalnya terlebih dahulu, lalu login menggunakan Apple ID iphone yang saya gunakan, maka akan tampil lokasi terakhir dimana iPhone saya terakhir terkoneksi internet, dan Terdapat 3 buah fitur yaitu Play Sound, Lost Mode, dan Erase iPhone.

Find My Iphone

 

Fitur Play Sound

Fitur Play Sound ini adalah fitur yang akan meng-aktifkan rintone pada iPhone anda, jika iPhone anda lupa menaruh iphone anda, fitur ini akan sangat membantu, karna fitur ini akan selalu membuat iPhone anda bunyi dan anda bisa mengetahui posisi dimana iphone anda.

Find My Iphone Alert

 

Fitur Lost Mode

Fitur Lost Mode ini yang akan saya bahas, karna pada studi kasus ini saya menganggap iPhone saya hilang, maka saya mengaktifkan fitur Lost Mode ini, aktifkan fitur ini maka  akan ada 2 step yang harus anda lakukan.

Step 1 : anda akan diminta memasukan nomer handphone yang bisa dihubungi, yang nantinya akan tampil di iPhone anda nanti.

Step 2 : Pesan singkat yang akan dibaca oleh orang yang menemukan iPhone Anda.

Lost Mode Step 1

 

Turn On Lost Mode Step 2

Inilah fitur Lost Mode yang akan dilihat oleh siapapun yang menemukan iPhone Anda selama iphone tersebut Aktif dan terkoneksi Internet.

Find My Iphone dilihat oleh Si Penemu
GPS Location saat iPhone Terkoneksi Internet

Pada studi kasus disini saya menganggap bahwa yang menemukan iPhone saya tidak berniat mengembalikan iPhone yang saya gunakan, lalu ia mencoba melakukan Factory Reset, atau di coba dibawa ke Roxy untuk di Reset agar bisa digunakan pribadi

Untuk melakukan factory reset iphone maka cara yang dilakukan adalah masuk ke mode DFU (Device Firmware Upgrade)  DFU Berbeda dengan Restore Mode, karna DFU anda bisa memilih os mau di upgrade ataupun di downgrade, pada gambar dibawah ini saya hanya melakukan restore via Restore Mode

 

iPhone Recovery Mode
iPhone Recovery Mode

Setelah iPhone di restore harusnya sudah bisa digunakan karna iPhone sudah terfactory Reset, Restore disini maksudnya adalah iPhone akan meng-update OS terbaru ke server Apple dan akan meniban OS yang terpasang  pada iPhone, seperti layaknya Hanphone baru harusnya iPhone sudah bisa digunakan, tapi ternyata tidak, setelah iPhone selesai melakukan Restore maka tampil menu Activation iPhone beserta Pesan yang telah saya buat sebelumnya pada fitur Lost Mode.

Activate iPhone
Activation iPhone

Jika Activation iPhone tidak dilakukan, dan sampai sekarang saya juga belum menemukan cara membypass menu Aktivasi ini, yang jelas jika ada seorang Hacker yang mampu membypass Aktivasi ini dan artikelnya di publis ke khalayak ramai maka fitur Lost Mode ini tidak ada gunanya, dan Alhamduillah belum anda sampai detik ini. di youtube pun berdedar cara membypass Aktivation Lock ini dan saya suda mencobanya, hasilnya tetap sama, walaupun bisa di bypass tapi banyak aplikasi yang tidak bisa digunakan.

Saran saya jika anda menemukan iPhone dan sudah terdapat pesan untuk di kembalikan, maka kembalikan saja ke yang punya, anda tentu akan mendapatkan imbalan dan apa yang anda lakukan mendapat berkah tentunya.

 

Terakhir adalah fitur Erase iPhone

Firut Erase Iphone ini akan menghapus SELURUH data-data anda yang terdapat pada iPhone Anda secara Remote, dan jika anda mengaktifkan fitur Erase iPhone maka anda tidak dapat mencari iPhone Anda melalui maps, karna aplikasi Find My iPhone yang berfungsi mencari keberadaan iPhone anda juga ikut terhapus.

Tapi jika iPhone Anda hilang dan sudah tidak ada harapan lagi untuk anda menemukannya, fitur ini adalah pilihan terbaik, dan jika si penemu iPhone anda hendak melakukan Factory Reset, maka tetap iPhone tersebut membutuhkan Apple ID untuk melakukan Aktivasi, jika tidak dilakukan Aktivasi maka iPhone tersebut tidak berguna dan hanya berfungsi sebagai pajangan ;)

 

Mencari iPhone melalui situs www.icloud.com

Bagai mana jika saat iPhone anda hilang anda tidak memiliki kerabat yang menggunakan iPhone sehingga anda tidak bisa menggunakan fitur find my iPhone?

Buka situs www.icloud.com lalu login menggunakan Apple ID Anda lalu pilih fitur Find My Iphone maka anda akan melihat lokasi terakhir iPhone anda aktif, anda juga bisa menggunakan Fitur Play Sound / Lost Mode / ataupun Erase iPhone.

 

FInd My iPhone via iCloud.com

Tulisan Terkait:

  1. Bahkan iPhone 4 Pun Ada yang Palsu…!!!
  2. Viber – Solusi Telpon Gratis Via Internet Untuk Android & Iphone
  3. Perihal yang harus dilakukan saat anda “Hijrah” dari Android ke iPhone
  4. Review Singkat Windows 8

6 thoughts on “Review Fitur Find My iPhone & Activation Lock

  1. Hi mau tanya
    Sekitar bulan desember tahun 2014 saya kehilangan iphone 5g….saya aktifkan iphone lost mode dan menguncinya…setelah 2 bulan tdk ada kabar saya mencoba tracking lg dan ternyata nama user/ email nya berubah…mohon pencerahannya
    Terima kasih

    Reply
  2. numpang tanya
    saya baru saja kehilangan iphone 5s… saya aktifkan iphone lost mode & sudah terkunci..
    1. apakah tulisan pesan singkat tersebut akan terbaca jika Hp aktif atau HP aktif dan terkoneksi internet??
    2. apakah jika sudah melalukan restore apakah tulisan pesan singkat tersebut masih muncul di layar utama jika HP aktif atau HP aktif & terkoneksi internet??
    terimakasih… mohon pencerahannya

    Reply
    • iya tulisan tersebut akan aktif dilayar iphone saat terkoneksi internet, dan nanti akan ada email masuk yang meng-informasikan iphone Anda akan digunakan dan membutuhkan email & password Apple ID.

      Reply
  3. mas tolong bantu, iphone 4s saya hilang, kalo saya udah ios 8 sudah saya lost mode dan sudah aktif tapi saya gak pernah install app find my iphone di hp saya yg hilang itu. trs bagaimana mas apa itu gak bisa dilacak lokasinya? tapi sy udh dapet notif kalo lost modenya udh enabled. tolong mas. makasi

    Reply
  4. 1. Buka “Pengaturan” aplikasi di iOS dan kemudian pilih “General”
    2. Cari dan tekan pada “Tentang” dalam pengaturan umum panel
    3. Tekan pada “Nama”
    4. Masukkan nama perangkat baru menggunakan keyboard, kemudian tekan tombol Kembali untuk menyimpan perubahan dan mengubah nama perangkat keras

    Reply

Leave a reply

required

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>