Sumpah, ini gw baru tau semalem kalo tanggal merah besok itu taun baru Hijriyah, #tepokJidat

Sebagai permintaan maaf, saya telah membuat artikel mengenai fakta-fakta menarik seputar kalender yang digunakan indonesia khususnya kalender Hijriyah yang telah saya rangkum dari berbagai literatur online.
======

01. Indonesia mengenal 2 jenis kalender yang digunakan sehari-hari yaitu Masehi dan Hijriyah, tapi bagi sebagian orang masih ada tambahan 2 jenis kalender selain Hijriyah dan Masehi yaitu kalender jawa (digunakan oleh masyarakat jawa) dan kalender imlek (digunakan oleh masyarakat Tionghoa).

02. Kalender Masehi penetapannya didasarkan pada peredaran matahari (Syamsiyah) sedangkan Kalender Hijriyah berdasarkan peredaran bulan (Komariyah), bingung??? ya saya juga lumayan bingung, karna pada bagian ini penjelasannya lumayan panjang sampai-sampai untuk menetapkan tanggal 1 ramadhan pun perlu diadakan sidang isbat karna memang dibutuhkan ketelitian agar tidak salah menetapkan tanggal, tapi ringkasnya seperti ini, pergantian Hari pada kalender Masehi yaitu setelah jam 24:00 , nah untuk kalender Hijriyah yaitu sesaat setelah matahari tenggelam, makanya sidang isbat itu diadakan sekitar magrib.

03. Jika Kalender Masehi dan Hijriyah berdasarkan peredaran matahari dan bulan, lain halnya dengan kalender Imlek yang digunakan oleh Masyarakat Tionghoa, Kalender Imlek ini menggunakan fase bulan sebagai acuan utama namun juga menambahkan pergantian musim di dalam perhitungan tiap tahunnya. kalender yang terakhir yaitu kalender Jawa adalah sebuah kalender yang istimewa karena merupakan perpaduan antara budaya Islam, budaya-Hindu-Budhdha Jawa dan bahkan juga sedikit budaya Barat.

04. Sebelumnya, orang Arab pra-kerasulan Rasulullah Muhammad SAW telah menggunakan bulan-bulan dalam kalender hijriyah ini. Hanya saja mereka tidak menetapkan ini TAHUN BERAPA, tetapi TAHUN APA. Misalnya saja kita mengetahui bahwa kelahiran Rasulullah SAW adalah pada tahun gajah.

05. Abu Musa Al-Asyári sebagai salah satu gubernur di zaman Khalifah Umar r.a. menulis surat kepada Amirul Mukminin yang isinya menanyakan surat-surat dari khalifah yang tidak ada tahunnya, hanya tanggal dan bulan saja, sehingga membingungkan.

06. Khalifah Umar lalu mengumpulkan beberapa sahabat senior waktu itu. Mereka adalah Utsman bin Affan r.a., Ali bin Abi Thalib r.a., Abdurrahman bin Auf r.a., Sa’ad bin Abi Waqqas r.a., Zubair bin Awwam r.a., dan Thalhan bin Ubaidillah r.a. Mereka bermusyawarah mengenai kalender Islam. Ada yang mengusulkan berdasarkan milad Rasulullah saw. Ada juga yang mengusulkan berdasarkan pengangkatan Muhammad saw menjadi Rasul. Dan yang diterima adalah usul dari Ali bin Abi Thalib r.a. yaitu berdasarkan momentum hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke Yatstrib (Madinah). Maka semuanya setuju dengan usulan Ali r.a. dan ditetapkan bahwa tahun pertama dalam kalender Islam adalah pada masa hijrahnya Rasulullah saw.

07. Nama-nama bulan dalam kalender hijriyah (Muharram, Safar, Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah dan Dzulhijjah) ini diambil dari nama-nama bulan yang telah ada dan berlaku pada masa itu di wilayah Arab.

08. Kalender Masehi menggunakan Singkatan M dan SM (Sebelum Masehi) sedangkan Kalender Hijriyah yaitu H

09. Ahli Hisab sepakat bahwa pada tanggal 15 Juli 622 M bertepatan dengan tanggal 01 Muharam 01 H

10. Tahun kelahiran Rasulullah SAW menggunakan kalender Masehi (menurut jumhur ulama dan Muhadditsin adalah 12 Rabi’ul Awal/April 570/571 M) jika ada literatur yang menulis tahun kelahiran Rasulullah SAW menggunakan kalender Hijriyah maka pendapat itu salah (lihat point No. 09), Mungkin penulis salah tulis atau lupa di koreksi dan belum sempat di revisi.

11. Kalender Hijriyah waktunya lebih cepat karna dalam 1 bulan hanya terdiri dari 29/30 hari, jadi selisih jumlah hari dalam kurun waktu 1 tahun adalah 11 atau 12 hari dari kalender Masehi.

12. pada point ini hanya sekedar tambahan, jika anda tertarik untuk mengkonversi tanggal lahir Anda kedalam kalender Hijriyah anda bisa mencoba mengunjungi tautan berikut : http://rukyatulhilal.org/konversi (dalam kalender Hijriyah usia jadi saya bertambah 2 tahun hahay)

Tulisan Terkait:

  1. Sholat Malam Rasulullah SAW
  2. Ijazah Dzikir dan Shalawat

One thought on “Fakta Menarik Seputar Kalender Hijriyah

Leave a reply

required

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>